KUALITAS PELAYANAN HALTE TRANS METRO BANDUNG

Penulis

  • Hansen Samuel Arberto Gultom
  • Tri Basuki Joewono

DOI:

https://doi.org/10.26593/jtrans.v14i1.1376.%25p

Abstrak

One important aspect of the quality of Trans Metro Bandung (TMB) is a stop (shelter). Analysis of service quality of a shelter is important because it is directly felt by the users. The purpose of this study is to analyze the level of importance and satisfaction of the shelter of TMB. The data used in this study is primary data. Results of analysis show that there is no significant difference of the respondents’ assessment for each aspect of quality of the shelter, both for the level of importance and satisfaction. The results also show that aspects with high level of importance did not experience as satisfaction. This study shows that there are several components perceived as importance but not satisfactory, which needs improvement or development, namely the cleanliness of bus stops, support facilities around the bus stops, and platform.

 

Salah satu aspek penting layanan Trans Metro Bandung (TMB) adalah tempat pemberhentian (halte). Analisis tentang kualitas pelayanan sebuah halte penting untuk dilakukan dilakukan karena secara langsung dirasakan oleh pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepentingan dan kepuasan masyarakat terhadap halte TMB. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Dari analisis yang dilakukan diketahui bahwa tidak ada perbedaan nyata penilaian responden terhadap dua belas aspek kualitas halte, baik untuk tingkat kepentingan maupun tingkat kepuasan. Hasil analisis menunjukkan pula bahwa tingkat kepentingan yang tinggi tidak diikuti oleh tingkat kepuasan yang tinggi juga. Studi ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa komponen halte yang menurut persepsi masyarakat penting tetapi tidak memuaskan dan membutuhkan perbaikan atau pengembangan, yaitu kebersihan halte, fasilitas pendukung di sekitar halte, dan tangga halte.

##submission.downloads##

Terbitan

Bagian

Articles