BIAYA PENANGANAN JALAN NASIONAL BERDASARKAN KONDISI KERUSAKAN JALAN DAN MODULUS EFEKTIF PERKERASAN PADA RUAS JALAN NASIONAL DI DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.26593/jtrans.v15i2.1725.%25pAbstrak
Abstract
The selection methods for pavement handling in Indonesia are often less precise. Handling of road damage with an overlay calculated based on the effective modulus of pavement is often chosen as a quick solution. However the road handling related to the structural damage cannot be done only with the overlay because pavement structural repairs are needed and, if this is not done, the pavement damaged will occur quickly. This study was conducted on the road segment Number 017.11 (K), Jalan Bypass, in Demak, to identify the type of damage, severity, and quantity of damage. The results were then analyzed using the PCI method for determining the repair option costs. Then a cost comparison was performed on the overlay cost based on the pavement effective modulus using the AASHTO (1993) method with the overlay cost based on the Bina Marga (2005) method. The results can be taken into consideration in determining the road maintenance program so that the handling of road damage becomes more precise and optimal.
Keywords: road pavement, road damage, pavement effective modulus, overlay
Abstrak
Pemilihan metode penanganan kerusakan perkerasan jalan di Indonesia sering kurang tepat. Penanganan kerusakan jalan dengan overlay yang dihitung berdasarkan modulus efektif perkerasan sering dipilih sebagai solusi cepat untuk menangani kerusakan jalan. Tetapi penanganan kerusakan jalan yang bersifat struktural tidak bisa dilaksanakan hanya dengan overlay karena diperlukan perbaikan struktural perkerasan tersebut dan bila hal ini tidak dilaksanakan, perkerasan akan mengalami kerusakan dengan cepat. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan survei kondisi kerusakan jalan pada ruas nomor 017.11(K), Jalan Bypass, di Demak, untuk mengidentifikasi jenis kerusakan, tingkat keparahan, dan kuantitas kerusakan. Hasil survei selanjutnya dianalisis menggunakan metode PCI untuk menentukan opsi perbaikan beserta kebutuhan biayanya. Kemudian dilakukan perbandingan kebutuhan biaya overlay yang dianalisis berdasarkan modulus efektif perkerasan menggunakan metode AASHTO (1993) dengan kebutuhan biaya overlay yang dianalisis dengan metode Bina Marga (2005). Hasil penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dalam menentukan program pemeliharaan jalan sehingga penanganan kerusakan jalan menjadi lebih tepat dan optimal.
Kata-kata kunci: perkerasan jalan, kerusakan jalan, modulus efektif perkerasan, pelapisan ulang