MODEL KEBUTUHAN PARKIR PADA PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA MALANG: STUDI KASUS PLASA DIENG, PLASA GAJAHMADA, DAN MALANG PLASA
DOI:
https://doi.org/10.26593/jtrans.v7i1.1817.%25pAbstrak
Abstrak
Studi ini mencoba untuk mengetahui model kebutuhan parkir di pusat perbelanjaan di Kota Malang dengan menggunakan metode analisis korelasi, analisis regresi, dan analisis komponen utama. Data yang digunakan berupa data primer yang didapat dari hasil survai di tiga pusat perbelanjaan (Plasa Gajahmada, Plasa Dieng, dan Malang Plasa) dan data sekunder yang diperoleh dari pihak-pihak yang terkait. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi, analisis regresi, dan analisis komponen utama. Variabel-variabel penentu yang diperkirakan dapat mempengaruhi kebutuhan parkir sebanyak 5 variabel yaitu jumlah kedatangan sepeda motor, jumlah kedatangan mobil, jumlah pengunjung yang masuk, luas lantai bangunan, jumlah karyawan. Dari hasil analisis untuk model kebutuhan parkir, diperoleh bahwa model kebutuhan parkir untuk sepeda motor yang sesuai adalah Y1 = -4492,641+6,706 X1+2,079 X2+0,056 X3+1,258 X4 + 0,671 X5 dengan variabel-variabel penentu jumlah kedatangan sepeda motor (X1), jumlah kedatangan mobil (X2), jumlah pengunjung yang masuk (X3), luas lantai bangunan (X4), dan jumlah karyawan (X5). Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh adalah sebesar 0,832. Persamaan model kebutuhan parkir mobil untuk mobil adalah Y2 = -6094,481 + 13,154 X1 + 4,152 X2 + 0,111 X3 + 2,032 X4 dengan variabel-variabel penentu jumlah kedatangan sepeda motor (X1), jumlah kedatangan mobil (X2), jumlah pengunjung yang masuk (X3), luas lantai bangunan (X4). Persamaan model tersebut memiliki nilai koefisien determinasi sebesar 0,708.
Kata-kata Kunci: model kebutuhan parkir, pusat perbelanjaan, regresi komponen utama