PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP PERJALANAN BERBELANJA DI KOTA BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.26593/jtrans.v20i2.4100.77-86Abstrak
Abstract
The shopping trip for everyone's daily needs is diverse. They have their own reasons to choose a shopping place that suits their needs. The aim of this study is to describe the characteristics of shoppers and their residential environment and to model the relationship of both variables. This study employed data from questionnaires distributed in Bandung City. Data were analyzed using ordinal regression method. The result of the analysis shows that the variables of residential environment condition significantly influence the shopping frequency.
Keywords: shopping trip; residential environment; public transportation; shopping frequency.
Abstrak
Perjalanan berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari tiap orang berbeda-beda. Banyak alasan yang dimiliki setiap orang untuk memilih tempat belanja yang sesuai dengan keinginan mereka. Tujuan studi ini adalah mendes-kripsikan karakteristik pelaku belanja dan lingkungan tempat tinggal serta memodelkan hubungan keduanya. Studi ini menggunakan data hasil penyebaran kuesioner di Kota Bandung. Analisis data menggunakan metode regresi ordinal. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kondisi lingkungan tempat tinggal berpengaruh secara signifikan terhadap frekuensi berbelanja.
Kata-kata kunci: perjalanan berbelanja; lingkungan binaan; kendaraan umum; frekuensi berbelanja.