KULIAH-DARING: BERPUSAT PADA MAHASISWA, BHINEKA – SETARA – BERSAMA, SINDU
Keywords:
berpusat pada mahasiswa, kebhinekaan, kesetaraan, kebersamaan, SINDUAbstract
Terjadinya COVID-19 mengharuskan diadakannya kuliah Fisika secara daring, dan ini dipandang sebagai kesempatan menguji cara bertanya dan berjawab yang berpusat-pada-mahasiswa, dengan cara yang juga konsisten dengan tiga sikap mutakhir dua organisasi profesi fisika, serta Spiritualitas dan Nilai Dasar UNPAR (SINDU). Kesimpulan sementara action research sederhana ini adalah, bahwa GoogleMeet dan grup WhatsApp merupakan sarana yang dapat mendukung kuliah yang berpusat pada mahasiswa. Tugas-tugas kuliah yang melatihkan refleksi dan melebarkan wawasan dengan menggunakan Google search, Wikipedia, dan sebagainya, juga tetap lancar prosesnya, karena sengaja dibatasi panjangnya, maksimal 1 halaman A4, sebagai latihan menulis pendek, selain meringankan beban waktu bagi mahasiswa. Ujian juga difokuskan pada 4 soal sederhana, dengan menguji tingkat ketelitian menghitung jawab yang diminta, serta penalaran tentang penjelasan suatu peristiwa fisika. Segi metafisika yang tak terukur, dapat dicakup oleh SINDU.
References
Couteau, Jean. 25 April 2021. Universalisme Nasional Sang Garuda. Kompas, Hlm. 10.
Faggiolo, Massimo. 2021. Identity Crisis – We can’t lose the ‘Catholic’ university. Commonweal Magazine,
Maret, (Online), (http://www.commonwealmagazine.org, diakses 5 April 2021)
Institute of Physics, U.K. 2021. Equity, diversity and inclusion, (Online),
(https://www.iop.org/policy/policy-statements-and-consultation-responses, diakses 11 Maret 2021)
International Network of Universities (2021). INU Panel: Inclusive approach to online teaching – sharing best
practice. 26 Januari. Zoom meeting 90 menit, panel 4 dosen, dengan hadirin sekitar 30 orang dari berbagai
wilayah di dunia, diketuai dosen dari Kingston Business School, London
(Inclusive Approach to Online Teaching - Sharing Best Practice , diakses 8 Desember 2020)
Lembaga Pengembangan Humaniora (2015). Spiritualitas dan Nilai-nilai Dasar Universitas Katolik
Parahyangan. Edisi Buku Saku. Bandung, (https://unpar.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/SINDU-2015-
BUKU-SAKU.pdf, diakses 10 April 2021)
Murray, H dkk. 2006. Ethical Principles in University Teaching; Society for Teaching and Learning in Higher
Education, Resource 9, hlm 134-138; dalam Laurie Richlin. Blueprint for Learning – Constructing College
Courses to Facilitate, Asses, and Document Learning. Sterling, Virginia: Stylus Publishing
Rusli, Aloysius (2012). Science and scientific literacy vs science and scientific awareness through basic physics
lectures: A study of wish and reality. Presentasi makalah di International Conference on Physics and Its
Application (ICPAP) 2011, November, ITB, Bandung. American Institute of Physics (AIP) Conference
Proceedings vol. 1454 (2012) ICPAP 2011, pp 169-173
Rusli, Aloysius (2018). Pengembangan Suatu Awal bagi Kuliah Fisika Dasar demi Penyadaran Ilmu dan Cara
Ilmiah: Meluaskan Wawasan Fisika dan Metafisika. Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains
(SNIPS), 26-27 Juli 2017, ITB, Bandung, ABS-7, Prosiding nmr 44 8 April 2018, h 301-306
Society of Rheology. 2021. The Society of Rheology Diversity, Equity, and Inclusion Statement,
(https://www.rheology.org/sor/Info/SoRDiversityEquityInclusionStatement , diunduh 11 Maret 2021)
John Templeton Foundation (2000). Big Questions. (www.templeton.org/discoveries, www.templeton.org/belief, Diakses 11 April 2021)
Yohanes Paulus II (1990). Ex Corde Ecclesiae (Dari hati Umat Katolik). Konstitusi Apostolik tentang
Universitas Katolik, Vatikan, (http://www.vatican.va/content/john-paul-
ii/en/apost_constitutions/documents/hf_jp-ii_apc_15081990_ex-corde-ecclesiae.html , diakses 4 Mei 2021).
Yohanes Paulus II (1998). Fides et Ratio (Iman dan Nalar). Ensiklik (surat edaran kepada para uskup), Vatikan
(http://www.vatican.va/content/john-paul-ii/en/encyclicals/documents/hf_jp-ii_enc_14091998_fides-et-
ratio.html, diakses 4 Mei 2021).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Aloysius Rusli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.