MERANCANG LAMPU BELAJAR UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR SECARA ONLINE
Keywords:
lampu belajar, 3D printing, pembelajaran onlineAbstract
Sarana dan prasarana yang memadai merupakan elemen penting untuk kenyamanan saat pembelajaran online. Pencahayaan yang baik dalam proses belajar dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi belajar. Pencahayaan saat belajar online dapat dibantu dengan penggunaan lampu belajar. Desain lampu belajar berkembang sesuai perkembangan trend namun kurang memperhatikan nilai multifungsi. Oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan pengembangan produk lampu belajar yang mempunyai nilai inovasi pada segi mobile fungsi. Pengembangan lampu belajar didukung dengan menggunakan 3D printing. Tahap pengembangan produk dengan 3D printing terdiri dari digital modelling, pencetakan, dan perakitan. Kelebihan lampu belajar yang dihasilkan adalah kerangka lampu belajar dapat dibongkar pasang, kerangka lampu dapat diputar 180 derajat, dan terdapat tempat meletakkan handphone. Kelebihan penggunaan 3D printing dalam proses pengembangan lampu belajar adalah 3D printing memiliki kemampuan cetak yang cepat dan mendetail, proses pembuatan menjadi sederhana, mudah dievaluasi serta direvisi.
References
Arora, A. K., & Srinivasan, R. (2020). Impact of Pandemic COVID-19 on The Teaching –Llearning Process: A Study of Higher Education Teachers. Prabadhan: IndianJournal of Management, 13(4): 43-56.
Assaury, Sofyan. 2003. Manajemen Pemasaran Jasa (Jilid 1). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Byrom, E. & Bingham, M. 2001. Factors Influencing the Effective Use of Technology for Teaching and Learning: Lessons Learned from the SEIR-TEC Intensive Site Schools (2nd Edition). Greensboro, NC: Serve.
Canazei, M., Bartenbach, A., & Dehoff, P. 2013. Effect of Changing Room Light on The Productivity of Permanent Morning Shift Workers at Industrial Workstations. German: Zumtobel Research.
Chen, T., Peng, L.,Jing, B., Wu, C., Yang, J., & Cong, G. 2020. The Impact of the COVID-19 Pandemic on User Experience with Online Education Platforms in China. Sustainability, 12(18): 1-31.
Dwivedi, Y. K., Hughes, D. L., Coombs, C., Constantiou, I., Duan, Y., Edwards, J. S., & Upadhyay, N. 2020. Impact of COVID-19 Pandemic on Information Management Research and Practice: Transforming Education, Work and Life. International Journal of Information Management, 55, 102211.
Excell, J. 2013. The Rise of Additive Manufacturing. The Engineer, (Online), (http://www.theengineer.co.uk/in-depth/the-big-story/the-rise-of-additive-manufacturing/1002560.article, diakses 5 Mei 2021)
Gallagher, V. Koth, & B. Freedman. 1975. The Specification Of Street Lighting Needs. Report FHWA-RD-76-17. FHWA, U.S. Department of Transportation.
Marinoni, G., Land, H.V., & Jensen, T., 2020. The Impact Of Covid-19 On Higher Education Around The World. France: IAU Global Survey Report. International Association of Universities.
Taufik, M. & Jain, P. K. 2014. Role of Build Orientation in Layered Manufacturing: A Review. International Journal of Manufacturing Technology and Management, 27 (1/2/3): 47-73.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Desrina Yusi Irawati; Lasman Parulian Purba, Lusi Mei Cahya Wuandari, Johan Patrick Tentua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.