Strategi Dasar dan Program Pemasaran Pekerja Migran Indonesia (PMI)
Kata Kunci:
pekerja migran, analisis SWOT, strategi pemasaranAbstrak
Bekerja dan kebebasan memilih pekerjaan merupakan salah satu hak Warga Negara Indonesia yang dilindungi undang-undang. Untuk memenuhi amanat undang-undang tersebut, salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan membuka peluang untuk bekerja ke luar negeri karena terbatasnya kesempatan kerja di dalam negeri. Untuk dapat memanfaatkan peluang kerja di luar negeri tersebut maka dipandang perlu untuk menyusun strategi dan program pemasaran bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk dapat bekerja ke luar negeri. Dengan menggunakan metode analisis SWOT, kajian ini menawarkan strategi dan program pemasaran PMI untuk bekerja di luar negeri. Dari hasil analisis swot diketahui strategi yang dapat dilakukan antara lain mengoptimalkan peran mitra usaha dan perwakilan RI, kerjasama bilateral, penyempurnaan peraturan-peraturan, menambah dan memingkatkan peran atase ketenagakerjaan, memaksimalkan balai latihan kerja dan meningkatkan standar pelatihan, melakukan riset pasar, segmentasi pasar dan pembuatan sistem yang terintegrasi. Strategi promosi dapat dilakukan dengan advertising, PR and Publicity, Personal Selling, dan Direct Marketing.
Referensi
Andrees, Beate, Alix Nasri, and Peter Swiniarski. 2015. Regulating Labour Recruitment to Prevent Human Trafficking and to Foster Fair Migration: Model, Challenges and Opportunities. Switzerland: International Labour Organization.
BP2MI. 2020. Statistik Perlindungan dan Penempatan. (https://bp2mi.go.id/statistik-penempatan, diakses 14 Januari 2021).
Busro, Muhammad. 2018. "Strategy Increasing Entrepreneurship Interest to Post Migrant Workers through Training and giving of Capital." International Research Journal of Business Studies, Vol 10 No 3 147-158.
Faruq, Ubaid Al, and Edi Mulyanto. 2017. Sejarah Teori-Teori Ekonomi. Tangerang Selatan: UNPAM Press.
Fund, International Monetay. Januari 2021. World Economic Outlook Update. IMF.
Guevarra, Anna Romina. 2006. "Managing 'Vulnerabilities' and 'Empowering' Migrant Filipina Workers: The Philippines' Overseas Employment Program." Social Identities Vol. 12, No 5 523-541.
Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Jangka Waktu Manfaat Perlindungan Jaminan Sosial Sebelum Bekerja Bagi Calon Pekerja Migran Indonesia selama Bencana Non Alam Penyebaran Corona Virus Diseases 2019. Jakarta.
—. 2020. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi Administratif dalam Pelaksanaan Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 390. Jakarta.
—. 2019. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2019 tentang TataCara Penempatan Pekerja Migran Indonesia. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2019 Nomor 729. Jakarta.
—. 2019. Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 17 Tahun 2019 tentang Penghentian dan Pelarangan Penempatan Pekerja Migran Indonesia. Berita Negara RI Tahun 2019 Nomor 1123. Jakarta.
—. 2020. Peraturan Pemerintah RI Nomor 10 Tahun 2020 tentang Tata Cara Penempatan Pekerja Migran indonesia oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Lembaran Negara RI Tahun 2020 Nomor 37. Jakarta.
—. 2019. Peraturan Pemerintah RI Nomor 90 Tahun 2019 tentang Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Lembaran Negara RI Tahun 2019 Nomor 263. Jakarta.
—. 2002. "Undang-Undang Dasar 1945." Jakarta.
—. 2003. Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 39. Jakarta.
—. 2017. Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 242. Jakarta.
—. 2004. Undang-Undnag Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 133. Jakarta.
Indonesia, Bank. 2020. "Statistik Ekonomi dan Keuangan Indonesia." bi.go.id. https://www.bi.go.id/seki/tabel/TABEL5_31.pdf.
Kemnaker, Biro Humas. 2019. "Kemnaker Perkuat Peran dan Tugas Atase Ketenagakerjaan." Oktober 28. (https://kemnaker.go.id/news/detail/kemnaker-perkuat-peran-dan-tugas-atase-ketenagakerjaan, diakses 12 Januari 2021).
Khosroeva, Natalya, Irina Kuchieva, Larisa Mamsurova, and Olga Khosroeva. 2019. "Strategy for Entering the International Market." International Scientific Conference (Social and Cultural Transformations in the Context of Modern Globalism). United Kingdom: Future Academy.
Kompas. 2021. "Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global 2021 Capai 4 Persen." Januari 06. (https://money.kompas.com/read/2021/01/06/111247626/bank-dunia-proyeksi-pertumbuhan-ekonomi-global-2021-capai-4-persen, diakses 12 Januari 2021).
United Nations Department of Economic and Social A. 2020. World Population Ageing 2020 Highlights: Living arrangements of older persons. New York: United Nations Publication.
Wicaksono, Arie. 2018. "Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Analisis SWOT tanpa Skala Industri papa PT X di Jakarta." Jurnal Manajemen Industri dan Logistk Vol 1 No 2 192-201.
Yuliantari, Kartika. 2017. "SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada PT Gojek Indonesia." Widya Cipta, Vol IX No 1 92-99.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Hennigusnia, dhian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.