Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Masakan Jepang Di Hayashi Teppan (Survei Terhadap Konsumen Hayashi Teppan Di Food Court BEC)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian masakan jepang di Hayashi Teppan, lokasi penelitian ini dilaksanakan di food court mall yang terletak di kota Bandung. Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang didukung dengan survei. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif dan kuantitatif.
Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara terhadap manajemen Hayashi Teppan dan pembagian kuisioner terhadap responden yang merupakan konsumen Hayashi Teppan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis jalur dengan maksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Bauran pemasaran pada Hayashi Teppan dinilai cukup baik oleh responden. Berdasarkan tanggapan responden, keputusan pembelian dilakukan untuk memenuhi kebutuhan mereka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari location, pricing, product, promotion, dan relationship secara serempak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian masakan Jepang di Hayashi Teppan dengan Fhitung = 34,073 dan nilai koefisien (R2) = 0,596, secara parsial pricing yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian dengan Thitung = 5,027.
Kata Kunci : bauran pemasaran, keputusan pembelian, analisis jalur
ABSTRACT
The purpose of this research is to determine and analyze the effect of marketing mix on Japanese cuisine’s purchase decision in Hayashi Teppan, location of this research was conducted in mall's food court which located in Bandung city. The approach in this research is a case study which is supported by the survey. This research was done using descriptive and quantitative analysis
Data were collected through interviews with Hayashi Teppan management and questionnaire were shared to Hayashi Teppan consumers. Testing hypotheses using path analysis with a purpose to determine the effect of independent variables on the dependent variable.
Marketing mix at Teppan Hayashi was considered good by the respondents. Based on respondents, purchase decisions are made to meet their needs.
The result shows that marketing mix which consists of the location, pricing, product, promotion, and relationship simultaneously influence significantly to Japanese cuisine’s purchase decision in Hayashi Teppan with Fvalue = 34,07 and coefficient (R2) = 0,596, pricing partially dominant influence on purchasing decisions with Tvalue = 5,027
Keywords : marketing mix, purchase decision, path analysis.