Archives

2015

Cover Page

Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Administrasi Publik, Volume 12, Nomor 1, April 2015, ISSN 1412 - 7040

This volume of Jurnal Administrasi Publik (JAP) deals with sustainable urban development in the context of city management in Indonesia. Articles varies in many ways representing different localities of Indonesia, issues discussed in each articles, theoritical perspectives used, as well as institutions in which the writers are affiliated.


2014

Cover Page

Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Administrasi Publik, Volume 11, Nomor 2, Oktober 2014, ISSN 1412 - 7040

This edition of Jurnal Administrasi Publik (JAP) concerns with framing public issues into public policies and laws. The main issue to be addressed is about communal or customary rights on land in Papua in the context of national regulatory framework of Indonesia. The last two articles provide understanding about administrative law and local political patronage as a wider contextual background of the respective issue.
Cover Page

Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Administrasi Publik, Volume 11, Nomor 1, April 2014, ISSN 1412 - 7040

This special edition of Jurnal Administrasi Publik (JAP) is dedicated to memorize the 18th Local Autonomy Day, in connection to the declaration of two local autonomy laws namely Law Number 22/1999 regarding Local Autonomy and Law Number 25/1999 regarding Financial between Central and Local Governments which were later revised into Law Number 22/2004 and Law Number 25/2005 regarding the same subjects. Accordingly, this edition take decentralization and local autonomy as the central theme with special reference to the implementation of Law Number 21/2001 regarding Special Autonomy for Papua and West Papua.

2008

Cover Page

Vol 5, No 2 (2008): Jurnal Administrasi Publik, Volume 5, Nomor 2, Oktober 2008, ISSN 1412 - 70405

Artikel-artikel yang dimuat dalam Jurnal Administrasi Publik edisi ini membahas berbagai isu seperti inovasi dalam sektor publik, pendapatan daerah, peraturan daerah, rekonsiliasi sosial, kualitas pelayanan, gender dan pembangunan.
Cover Page

Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Administrasi Publik, Volume 5, Nomor 1, April 2008, ISSN 1412 - 7040

Artikel-artikel yang dimuat dalam Jurnal Administrasi Publik edisi ini membahas berbagai isu seperti kemiskinan, korupsi, sistem administrasi pemerintah, birokrasi dan keuangan negara.

2005

Cover Page

Vol 4, No 2 (2005): Jurnal Administrasi Publik, Volume 4, Nomor 2, Oktober 2005, ISSN 1412 - 7040

Artikel-artikel yang ditulis dalam Jurnal Administrasi Publik edisi ini, mendeskripsikan bagaimana eksistensi maupun kinerja mesin pemerintah atau birokrasi pemerintahan sebagai salah satu aktor administrasi publik yang penting dan memiliki posisi strategis dalam menjalankan agenda reformasi. Keberadaan negara dan pemerintah yang diberi mandat dan otoritas untuk menjalankan kekuasaan seyogyanya memberi manfaat seluas-luasnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam kerangka itulah administrasi publik dari sektor pemerintah diminta untuk mengembangkan kapasitas dalam menjalankan manajemen pemerintahan. Sebagai perumus dan pelaksana kebijakan diharapkan pemerintah/birokrasi dapat lebih peka terhadap apa yang menjadi kepentingan masyarakatnya, bukan kepentingan dirinya sendiri. Oleh karena itu administrasi dalam hal ini tidak boleh netral terhadap kepentingan yang berkembang, tetapi justru secara signifikan administrasi publik harus berpihak kepada kepentingan publiknya.
Cover Page

Vol 4, No 1 (2005): Jurnal Administrasi Publik, Volume 4, Nomor 1, April 2005, ISSN 1412 - 7040

Dalam jurnal Administrasi Publik edisi ini, artikel-artikel yang dimuat menguraikan berbagai point yang harus dicermati secara seksama dalam perjalanan desentralisasi baik secara eksplisit maupun emplisit. Pesan yang ingin disampaikan dalam jurnal kali ini adalah bahwa tujuan desentralisasi ini tentulah bukan merupakan tujuan yang secara otomatis akan terwujud ketika desentralisasi dikumandangkan dan berbagai rancangan kelengkapan sistem diimplementasikan. Namun tujuan desentralisasi baru akan terealisasi apabila terdapat upaya pembelajaran yang terus menerus, fleksibel dan adaptif untuk mengamati dinamika pelaksanaan sistem ini pada setiap level atau unit dan di setiap wilayah, sehingga sistem ini akan selalu mengarah pada perbaikan yang bersifat dinamis.

2004

Cover Page

Vol 3, No 2 (2004): Jurnal Administrasi Publik, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2004, ISSN 1412 - 7040

Jurnal Administrasi Publik kali ini secara khusus mengupas perjalanan praktik demokrasi di Indonesia. Dipahami bahwa meski upaya demokratisasi di Indonesia seringkali menghadapi kendala yang luar biasa, namun perjalanan pembelajaran yang begitu pelik ini masih menyisakan harapan akan terwujudnya sistem demokrasi dalam pengertian yang substantif. Pemahaman itulah yang akan terlihat dari paparan yang disampaikan dalam delapan artikel yang termual dalam jurnal ini.
Cover Page

Vol 3, No 1 (2004): Jurnal Administrasi Publik, Volume 3, Nomor 1, April 2004, ISSN 1412 - 7040

Jurnal Administrasi Publik edisi pertama tahun 2004 kali ini masih hadir dengan sorotan tentang langkah pelaksanaan dan kondisi real reformasi di Indonesia. Upaya perwujudan reformasi tentunya bukanlah merupakan tanggung jawag yang harus dipikul oleh pemerintah semata namun juga merupakan tanggung jawab bersama yakni seluruh lembaga kenegaraan, lembaga kemasyarakatan maupun publik dalam pemaknaan yang lebih luas. Berdasarkan pemahaman inilah maka enam tulisan berikut akan mengupas bagaimana langkah reformasi dilakukan di dalam masing-masing lembaga.

2003

Cover Page

Vol 2, No 2 (2003): Jurnal Administrasi Publik, Tahun 2, Nomor 2, Oktober 2003, ISSN 1412 - 7040

Sudah lebih dari 5 tahun reformasi beranjak dari tempatnya. Namun perbaikan yang diharapkan masih nampak terlalu kecil dari apa yang diingankan. Silih bergantinya persoalan menjadi salah satu sebab utama dalam memahami gelombang demokratisasi di Indonesia. Oleh karena berdimensi dan berdiasporanya persoalan yang tengah terjadi, maka enam tulisan yang tersaji di hadapan kita mencoba membentangkan kerangka-kerangka atau bahkan akar-akar yang mungkin dapat menjawab walaupun tidak exhaustive sifatnya, pelbagai hambatan yang merundungi negara ini.
Cover Page

Vol 2, No 1 (2003): Jurnal Administrasi Publik, Tahun 2, Nomor 1, April 2003, ISSN 1412 - 7040

Jurnal Administrasi Publik yang diterbitkan oleh Centre for Public Policy and Management Studies, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, FISIP Unpar ini adalah edisi pertama tahun kedua penerbitan. Tidak ada tema khusus yang menjadi batasan pembahasan tulisan-tulisan dalam edisi kali ini, namun keseluruhan tulisan yang dimuat memiliki kesamaan ide pemikiran yaitu bagaimana mewujudkan demokrasi yang benar-benar demokratis di Indonesia setelah angin reformasi dihembuskan dan berjalan selama lebih dari empat tahun. Keprihatinan yang muncul adalah bahwa kondisi yang diidealkan ternyata jauh dari kenyataan. Keadaan tidak menjadi lebih baik. Banyak hal yang menjadi penyebab dan banyak kasus yang menjadi cerminannya. Tulisan-tulisan berikut mencoba menelaah berbagai aspek dalam pelaksanaan reformasi dan usaha-usaha pendemokrasian demokrasi di Indonesia.

2002

Cover Page

Vol 1, No 1 (2002): Jurnal Administrasi Publik, Tahun 1, Nomor 1, Agustus 2002, ISSN 1412 - 7040

Jurnal Administrasi Publik edisi perdana yang diterbitkan oleh Centre for Public Policy and Management Studies (CPMS) Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Seluruh kontributor pada edisi ini adalah para penyaji dalam sebuah workshop yang diselenggarakan oleh CPMS pada tanggal 27 April 2002 di Bandung tentang revitalisasi dan reposisi administrasi publik di Indonesia. Oleh karena itu seluruh tulisan yang dimuat dalam edisi ini diikat oleh dua keprihatinan (concern) yang sama dengan apa yang menjadi keprihatinan dalam workshop tersebut. Pertama, mengapa kinerja administrasi publik Indonesia demikian buruk sehingga sempat mendapat julukan "the most corrupted system" di Asia? Kedua, berusaha menggali pemikiran-pemikiran tentang peran dunia pendidikan dalam merevitalisasi dan mereposisi administrasi publik Indonesia.

1 - 12 of 12 Items