About the Journal

Focus and Scope

Jurnal ini mewadahi karya tulis akademik hasil penelitian literatur maupun lapangan di bidang Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, yang diharapkan dapat memberi sumbangan pemahaman maupun alternatif solusi masalah ekonomi yang ada.

Peer Review Process

1. Redaksi Bina Ekonomi akan menelaah artikel untuk menentukan kelayakan artikel tersebut untuk diteruskan ke proses selanjutnya. Hasil penelaahan oleh Redaksi Bina Ekonomi akan menghasilkan tiga kemungkinan: layak diteruskan; layak diteruskan dengan perbaikan; atau tidak layak diteruskan ke proses selanjutnya.

2. Proses telaah oleh Mitra Bebestari akan dilakukan untuk artikel yang lolos seleksi Redaksi. untuk menentukan kelayakan artikel tersebut untuk diterbitkan. Proses telaah ini akan menghasilkan tiga kemungkinan: layak diterbitkan; layak diterbitkan dengan perbaikan; atau tidak layak diterbitkan.

3. Redaksi Bina Ekonomi menerapkan sistem double blind review, yang berarti tidak mengungkapkan nama penulis kepada pihak penelaah, dan juga tidak mengungkapkan nama penelaah kepada pihak penulis.

4. Waktu yang ditetapkan bagi penelaah untuk menelaah satu artikel diperkirakan sekitar 2 minggu. Walaupun begitu, perlu diperhatikan bahwa Redaksi tidak dapat menentukan jangka waktu setiap tahap dalam proses penerbitan sebuah artikel, karena melibatkan pihak ketiga.

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

Sponsors

  • Parahyangan Catholic University (UNPAR)

Journal History

Pada awal tahun 1997, seiring makin banyaknya penelitian dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, maka dipandang perlu untuk menerbitkan jurnal ilmiah sebagai sarana untuk melakukan diseminasi hasil-hasil penelitian tersebut. Dalam perkembangannya, jurnal BINA EKONOMI tidak hanya menjadi wadah bagi karya tulis ilmiah dosen-dosen di Fakultas Ekonomi UNPAR, tetapi juga dari institusi pendidikan tinggi lain di laur UNPAR.

Saat ini, 20 tahun setelah terbit pertama kali, BINA EKONOMI berusaha tetap konsisten untuk menjadi wadah karya ilmiah di bidang Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi hasil karya dosen dan mahasiswa dari universitas-universitas di Indonesia.