PEDOMAN PENULISAN NASKAH

PEDOMAN PENULISAN NASKAH

  1. Naskah harus orisinil (bukan plagiat) dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain dan tidak sedang dikirimkan ke jurnal lain (mengisi formulir Ethical Statement). Total persentase kemiripan (similarity report) yang dapat diterima adalah maksimal 25%.
  2. Naskah dibuat  dalam  format  Microsoft  Office  Word  versi  2007  dan  setelahnya  dan melakukan submission atau pendaftaran naskah melalui sistem Open Journal System (OJS) di  http://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi
  3. Seluruh bagian naskah (termasuk tabel, gambar, persamaan matematika) dibuat dalam format yang dapat diedit secara fleksibel oleh editor. Redaksi Bina Ekonomi memiliki hak meminta data yang digunakan dalam gambar untuk keperluan pengeditan.
  4. Naskah harus ditulis sesuai template artikel. Seluruh bagian naskah dibuat di atas kertas berukuran A4, marjin kiri 3 cm, atas 2 cm, kanan 2 cm, bawah 2 cm, diketik dengan huruf Cambria dengan ukuran huruf 11 pts, spasi 1,15, kecuali untuk bagian Judul dan Subjudul serta Abstrak. Paragraf dimulai dari batas kiri dan ditata dengan justified alignment. Total jumlah kata sekitar 5.000-7.000 kata termasuk angka, tabel dan referensi.
  5. Naskah harus ditulis dalam bahasa Indonesia sebagai bahasa standar.
  6. Gambar dan tabel ditampilkan dengan penomoran yang diketikkan mengurut untuk seluruh gambar dan tabel tanpa menuliskan nomor bab dengan menggunakan angka Arab. Contoh: Gambar 1, Gambar 2, ..., dst. serta Tabel 1, Tabel 2, ..., dst. Judul untuk Gambar berada di bawah gambar, sedangkan judul untuk Tabel berada di atas tabel. Gambar dan Tabel berwarna hitam putih.
  7. Sistem pengacuan Pustaka, cara pengutipan dan penyusunan Daftar Pustaka menggunakan aplikasi pengutipan standar Mendeley. Gaya selingkung   baku   menggunakan   APA  (American   Psychological   Association) referencing style. Ketentuan secara lengkap mengenai style tersebut dapat dilihat di situs http://www.apastyle.org/ atau  https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/560/01/
  8. Sistematika penulisan:
    1. Judul dan subjudul. Judul merupakan rumusan sangat singkat, informatif, dan menarik dengan tetap menjelaskan isi naskah, dibuat maksimal 14 kata. Judul diketik memusat di tengah dengan huruf Cambria 14 pts. Subjudul diketik rata kiri dengan nomor urut angka Arab dan huruf Cambria 12 pts. Jika ada sub-subjudul, penomoran menggunakan format 1.1, 1.2, ..., dst.
    2. Nama penulis. Nama penulis ditampilkan lengkap tanpa gelar.
    3. Afiliasi/Lembaga. Ditampilkan untuk seluruh penulis.
    4. Berisi alamat lengkap, nomor telepon/handphone, faksimili (jika ada), dan email. Jika penulis lebih dari satu orang, cukup penulis utamanya saja.
    5. Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, menggunakan huruf Cambria ukuran 11 pts dan  spasi 1, terdiri dari 100-250kata dan dalam  satu paragraf. Ditulis secara utuh menggambarkan esensi naskah yang memuat latar belakang, metode, hasil, dan kesimpulan, serta tersirat semua kata kunci.
    6. Kata kunci (keywords). Berisi antara 3-10 kata atau frasa yang mewakili topik yang dibahas, ditulis dengan huruf Cambria 11 pts.
    7. Klasifikasi JEL. Berisi 2-3 klasifikasi JEL dua digit yang disesuaikan dengan kata kunci.

Ketentuan secara lengkap mengenai klasifikasi tersebut dapat dilihat di situs https://www.aeaweb.org/econlit/jelCodes.php   dan panduannya bisa dilihat di https://www.aeaweb.org/jel/guide/jel.php

  1. Isi artikel. Terdiri atas beberapa subjudul, misalnya (tetapi tidak terbatas pada):
    1. Pendahuluan: ditulis secara efisien dan menggambarkan latar belakang, tujuan, dan pustaka yang mendukung;
    2. Tinjauan Pustaka: Isi Tinjauan Pustaka adalah peninjauan kembali pustaka-pustaka yang terkait. Sumber referensi harus mengandung 80% artikel jurnal, prosiding, atau hasil penelitian dari sepuluh tahun terakhir.
    3. Metode dan data: dituangkan secara memadai sehingga penelitian dimungkinkan untuk dijadikan penelitian lebih lanjut oleh pembaca, terutama hal-hal yang menyangkut model, prosedur, pengambilan dan pengolahan data;
    4. Pembahasan: berisi hasil yang didapat dari proses pengolahan data/analisis fakta berdasarkan metode yang digunakan, ditampilkan dalam bentuk tabel, gambar/grafik yang disertai dengan penjelasan/interpretasi hasil;
    5. Simpulan: yang menggambarkan substansi hasil penelitian yang diperoleh, konsisten dengan tujuan penelitian, dan jika perlu, implikasi kebijakan  yang sesuai dengan  hasil penelitian.

Keterangan: penamaan subjudul dapat berbeda, sesuai dengan sifat tulisan; contoh yang digunakan di sini adalah nama subjudul untuk makalah sebagai laporan penelitian)

  1. Daftar pustaka. Wajib  menggunakan  APA  (American  Psychological  Association) referencing style. Jumlah referensi yang digunakan minimal 20 sumber, 80% diantaranya merupakan Pustaka primer yang terbit dalam sepuluh tahun terakhir.

PROSES PENERBITAN NASKAH

  1. Penulis mengirimkan naskah artikel yang sudah ditulis sesuai pedoman penulisan dan template Bina Ekonomi ke Redaksi Bina Ekonomi (catatan: pedoman penulisan dan template Bina Ekonomi dapat diunduh di http://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi).
  2. Redaksi Bina Ekonomi akan menelaah (review) artikel untuk menentukan apakah artikel tersebut layak  diteruskan  ke  proses    Hasil penelaahan  oleh  Redaksi  Bina Ekonomi akan menghasilkan tiga kemungkinan: layak diteruskan atau layak diteruskan jika dilengkapi/diperbaiki  atau tidak  layak diteruskan, ke  proses  selanjutnya.  Apabila  artikel layak diteruskan, maka penulis harus menyerahkan surat pengalihan hak cipta (yang telah di-scan). Redaksi Bina Ekonomi tidak akan meneruskan proses review oleh Mitra Bestari jika penulis tidak menyerahkan surat pengalihan hak cipta.
  3. Proses telaah (review) oleh Mitra Bestari akan dilakukan untuk artikel yang lolos seleksi Redaksi Bina Ekonomi, untuk menentukan apakah artikel layak diterbitkan atau layak diterbitkan dengan perbaikan atau tidak layak diterbitkan. Redaksi Bina Ekonomi menganut sistem double-blind review, artinya tidak mengungkapkan nama penulis kepada pihak penelaah, dan juga sebaliknya.
  4. Redaksi Bina Ekonomi akan mengembalikan artikel beserta lembar evaluasi kepada penulis jika ada hal-hal yang perlu diperbaiki.
  5. Penulis melakukan perbaikan berdasarkan hasil telaah Mitra Bestari, dan mengembalikan artikel yang sudah diperbaiki kepada Redaksi Bina Ekonomi, dalam waktu paling lambat dua minggu setelah artikel dan hasil telaah Mitra Bestari diterima penulis.
  6. Jika diperlukan, Redaksi Bina Ekonomi akan meneruskan artikel  (yang sudah diperbaiki penulis) kepada Mitra Bestari untuk mendapatkan persetujuan dari Mitra Bestari atas kelayakan artikel. Pada tahap ini Mitra Bestari masih dapat memberikan penilaian tentang kelayakan artikel yang sudah diperbaiki penulis.
  7. Naskah yang sudah dinyatakan layak terbit oleh Mitra Bestari akan melalui proses penyuntingan (editing);  dan  Redaksi Bina Ekonomi  akan  mengirimkan  informasi  kepada penulis berkaitan dengan jadwal penerbitan Bina Ekonomi yang akan memuat artikel tersebut

Catatan: Redaksi Bina Ekonomi tidak dapat  menentukan jangka waktu setiap setiap  tahap dalam proses penerbitan sebuah artikel.