GAYA KEPEMIMPINAN DITENGAH ARUS PERPINDAHAN ZAMAN PT. KOMPAS GRAMEDIA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.26593/be.v25i1.4440.1-7Keywords:
Leadership style, leadership, human resource managementAbstract
Penelitian ini didasari atas beberapa factor yang menggelitik peneliti untuk mencoba lebih dalam mengkaji, yang pertama adalah kemajuan dari KOMPAS sebagai media cetak dari masa kemasa, kedua adalah kemampuan KOMPAS untuk tetap exis di era internet ini.
Dalam dunia media cetak nama KOMPAS adalah media yang tidak bisa dianggap remeh KOMPAS adalah salah satu pisioneer media cetak nasional yang berhasil dalam beberapa era atau zaman, dalam era Orde Lama KOMPAS Merupakan peletak komitmen pertama media cetak yang mandiri. Dalam era Orde Baru Kompas semakin mengkokohkan kaki kakinya sebagai mediacetak yang terpercaya. Walau begitu perjalanan Kompas tak semudah yang dikira di era Orde Baru.
Banyak lika-liku yang di hadapi oleh Kompas namun hal ini tidak menyurtkan dewan dereksi dari Kompas untuk tetap menjadikan kompas media cetak yang tak berpihak kemanapun dan berdiri atas dasar independensinya.
Diera reformasi Kompas adalah salah satu penggerak dari media-media cetak untuk mengkabarkan tentang geraka-gerakan reformasi di kala itu.
Hal-hal diatas menggelitik rasa keingin tahuan dari peneliti untuk meneliti lebih jahu apakah yang menjadi factor utama dari kekuatan dari Kompas, terkusus PT.Kompas Gramedia Sulawesi Sleatan.
Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Pimpinan, Manajemen Sumber Daya Manusia
References
Handoko. T.Hani. 2001.Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia,Edisi II.BPFE Yogyakarta : Yogyakarta
A.F. Stoner. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Davis, Keith, and Newstrom, John,W. 2002. Organizational Behavior At Work. 11 edition. New York. Mc Graw – Hill
Hasibuan, Malayu S.P, 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke Tujuh, edisi revisi, PT. Bumi Aksara. Jakarta.
R.Terry, George. Prinsip- Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara, 2006)