THE USE OF SOCIAL MEDIA TO MARKET CAFE TARGETING

Authors

  • Patrick L. Stiady Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.26593/be.v15i1.776.%25p

Abstract

Media sosial online atau disingkat media sosial mulai populer pada awal 2000-an. Ditengah persaingan media sosral Facebook adalah media sosial yang paling banyak digunakan  oleh pengguna  aktif se-dunia diikuti oleh MySpace sebagai pesaing terdekatnya.  Facebook saja digunakan  oleh lebih dari 500 juta orang, jumlah yang lebih besar daripada jumlah penduduk  lndonesia! Pemasaran dengan menggunakan media sosial memiliki sasaran pemirsa yang sangat besar. Pengguna media sosial dapat dibagi ke dalam beberapa  kelompok.  Kelompok terbesar  pengguna media  sosial adalah Generasi-Y. Generasi-Y atau dikenal juga dengan  nama "millenial generation"  adalah generasi  yang lahir sekitar tahun 1980-an  hingga awal 2000-an. Sebagian  besar pengguna  Facebook masuk ke dalam  kelompok Generasi-Y.  Sejalan dengan  perkembangan  gaya hidup di Bandung, semakin banyak cafe berdiri dan bersaing ketat. Kebanyakan dari cafe tersebut menggunakan strategi diferensiasi  sebagai dasar untuk memperoleh keunggulan bersaing.  Beberapa cafe di Bandung memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan keunggulan  bersaing dengan “positioning” yang berbeda di kalangan  Generasi-Y.  Tulisan  ini bertujuan mempresentasikan  strategi pemasaran  cafe dengan menggunakan medial sosial untuk menjangkau pasar sasaran G enerasi-Y.

Downloads

Issue

Section

Articles