Archives

  • Jurnal Sentris Edisi Khusus Diplomasi
    2021

    Diplomasi merupakan bagian krusial dari dunia hubungan internasional. Seiring dengan mengalirnya waktu dan zaman, diplomasi pun turut berkembang dan menemukan tempat terbaiknya dalam setiap lini dan seluk beluk dunia internasional. Jika dahulu diplomasi terbatas hanya pada hubungan antara dua negara, kini bentuk diplomasi sudah mulai beragam. Praktik diplomasi kini bergerak di banyak sektor, mulai dari digital hingga kesehatan. Yang terakhir menjadi semakin penting, utamanya karena pandemi COVID-19 kini seolah telah menjadi bagian tidak terpisahkan dari hiruk pikuk politik negara belahan utara dan selatan.

    Edisi khusus Sentris kali ini mengambil topik khusus terkait diplomasi. Catatan singkat, semua tulisan yang dimuat pada edisi khusus kali ini merupakan tulisan-tulisan terbaik dari Kelas Diplomasi 2021 (khususnya kelas B,C,D dan E) yang berfokus pada Indonesia sebagai negara subjek utamanya. Kita dapat menemukan sudut pandang yang menarik dari berbagai macam kasus diplomasi Indonesia yang diulas dalam edisi khusus ini, mulai dari kasus diplomasi publik hingga diplomasi kesehatan yang kini tengah populer dalam upaya untuk memperjuangkan kepentingan nasional di tingkat internasional.

    Dalam edisi ini terdapat 10 tulisan dari setidaknya 50 penulis yang terlibat. Dari kelas B dan C, terdapat ulasan mengenai diplomasi kesehatan Indonesia-Cina di tengah hantaman pandemi COVID-19. Kemudian, ada ulasan mengenai diplomasi preventif Indonesia di tingkat ASEAN terkait kudeta Myanmar 2021. Selanjutnya, terdapat pembahasan mengenai diplomasi ekonomi Indonesia-Vietnam yang terjalin melalui ekspor benih lobster pada 2020-2021. Ada pula pembahasan terkait diplomasi bilateral Indonesia-Australia dalam skema CEPA (Comprehensive Economic Partnership Agreement). Selanjutnya, ada ulasan mengenai diplomasi preventif Indonesia di kasus Laut Cina Selatan. Terakhir, terdapat pembahasan tentang diplomasi konferensi Indonesia terkait kasus Rohingya di Myanmar.

    Dari kelas D dan E, terdapat ulasan mengenai diplomasi kesehatan Indonesia terhadap Fiji dan Kepulauan Solomon. Kemudian, ada pembahasan mengenai diplomasi publik Indonesia melalui ajang Asian Games 2018. Lebih lanjut, terdapat ulasan mengenai upaya diplomasi multilateral Indonesia di ASEAN terkait konflik Laut Cina Selatan. Terakhir, ada pembahasan mengenai diplomasi bilateral Indonesia-Malaysia melalui Border Trade Agreement (BTA) dan Border Crossing Agreement (BCA).

    Kami berharap artikel-artikel yang terbit di dalam edisi khusus ini dapat memperkaya perspektif terkait diplomasi di dalam studi Hubungan Internasional. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada para penulis yang terlibat, para staf teknologi informasi dan manajemen Sentris. Akhir kata, kami mewakili tim editor Sentris edisi khusus mengucapkan selamat membaca. Tetap sehat dan semangat!

    Salam,

    Editor Sentris Edisi Khusus Diplomasi

  • Jurnal Sentris
    Vol. 2 No. 1 (2021)

  • Non State Actor
    Vol. 2 No. 2 (2019)

  • Regionalism
    Vol. 1 No. 1 (2019)

  • The Rise of Middle Power
    Vol. 2 No. 2 (2018)

  • Human Security
    Vol. 1 No. 1 (2018)

  • Foreign Policy
    Vol. 2 No. 2 (2017)

  • International Phenomenon
    Vol. 1 No. 1 (2017)