Pengaruh Shopping Orientation, Online Trust dan Prior Online Purchase Experience terhadap Online Purchase Intention (Studi pada Online Shop Hijabi House)
DOI:
https://doi.org/10.26593/be.v20i2.2305.115-126Abstract
Salah satu fashion yang semakin berkembang di kalangan masyarakat Indonesia khususnya wanita muslimah adalah jilbab. Hijabi House merupakan salah satu online shop yang menawarkan jilbab hasil produksinya melalui media sosial Instagram. Hasil wawancara awal, Hijabi House dinilai baik namun masih ada keluhan dari para followers berkaitan shopping orientation, online trust, dan prior online purchase experience. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap online purchase intention. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel digunakan dengan metode non-probability sampling jenis incidental sampling, dengan 126 responden. Teknik analisis data menggunakan anlisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan bahwa shopping orientation, online trust, dan prior online purchase experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap online purchase intention sebesar 53,1%, dan sisanya sebesar 46,9% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: shopping orientation, online trust, prior online purchase experience, online purchase intention.