Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Persepsi Konsumen dalam Penciptaan Ekuitas Merek: Studi Kasus Restoran Clemmons Bandung Indah Plaza

Authors

  • Lilian Danil Universitas Katolik Parahyangan

DOI:

https://doi.org/10.26593/be.v20i2.2306.163-178

Abstract

Penulis mengajukan suatu kerangka kerja dimana persepsi konsumen atas bauran pemasaran dihubungkan dengan dimensi-dimensi ekuitas merek yaitu persepsi kualitas, loyalitas merek dan asosiasi merek yang dikombinasikan dengan kesadaran merek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen atas bauran pemasaran dan dimensi ekuitas merek secara signifikan mempengaruhi ekuitas merek secara keseluruhan baik secara simultan maupun parsial, terhadap Brand Equity kecuali Store Image terhadap Brand Awareness/Association, Store Image terhadap Perceived Quality, dan Brand Loyalty. Besarnya pengaruh Store Image, Advertising Spending dan Price Deals secara simultan terhadap Brand Awareness adalah sebesar 88%, pengaruh secara simultan Price, Store Image, Advertising Spending, dan Price Deals terhadap Perceived Quality adalah sebesar 95%, pengaruh secara simultan Advertising Spending dan Product terhadap Brand Loyalty adalah sebesar 74%, serta pengaruh bersama-sama Brand Loyalty, Perceived Quality, dan Brand Awareness terhadap Overall Brand Equity adalah sebesar 90%.

 

Kata kunci : Bauran pemasaran, persepsi konsumen, ekuitas merek

Downloads

Published

2017-01-17

Issue

Section

Articles