Announcements

  • JIHI Volume 16 Issue 2

    2020-12-11

    Dengan segala kerendahan hati, kami selaku pengurus Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan bahwa jurnal edisi Volume 16 Issue 2 telah terbit.

    Kami mengucapkan terima kasih kepada para authors dan reviewers yang terlibat dalam penulisan edisi ini.

    Selamat membaca!

     

    With our warmest greetings, the editorial board of Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan is proud to announce that our latest journal edition Volume 16 Issue 1 has been published. 

    We would like to give our highest gratitude to the authors and reviewers who have contributed for this journal's edition.

    Happy reading!

    Read more about JIHI Volume 16 Issue 2
  • JIHI Edisi Khusus: Tanggapan Terhadap COVID-19

    2020-04-27

    Penyebaran pandemi COVID-19 telah melumpuhkan banyak aktivitas di masyarakat. Perekonomian melambat, kegiatan perkantoran dan industri berhenti, hingga proses belajar-mengajar juga terdampak. Hal ini juga terjadi di kampus kami, Universitas Katolik Parahyangan. Hampir selama dua bulan terakhir ini kami para pengajar di Program Studi Hubungan Internasional harus mengadakan proses belajar-mengajar dari rumah. Secara tiba-tiba, sebagian besar dari kami harus berkubang dengan teknologi dan beragam aplikasi yang sebelumnya begitu asing. Ruang kelas yang biasanya penuh dengan antusiasme mahasiswa, akhirnya bergeser ke ruang-ruang privat di rumah masing-masing.

    Akan tetapi, kegiatan akademis harus terus berjalan. Begitu pula dengan perhatian kami terhadap dampak COVID-19 terhadap kondisi di lingkungan sekitar, secara nasional, bahkan di tingkat internasional. Terdorong oleh kepedulian dan keingintahuan yang besar terhadap isu yang “baru” ini, Jurusan HI UNPAR menyelenggarakan diskusi internal secara daring pada Jumat, 17 April 2020. Masing-masing dosen berbagi keresahan dan buah pikiran mereka atas isu ini, dari tempat mereka masing-masing berada, termasuk yang sedang menjalani studi di berbagai negara. Tentu saja semua berpendapat sesuai dengan latar belakang keilmuannya masing-masing. Hasilnya, diskusi ini merangkai beragam perspektif dari para dosen ke dalam sebuah pemahaman baru atas isu pandemi COVID-19.

    Di penghujung diskusi ini, Rektor Unpar Bapak Mangadar Situmorang, yang juga merupakan dosen HI, mengajukan usulan yang sangat bagus. Supaya hasil diskusi yang sangat mencerahkan tersebut tidak menguap begitu saja, beliau mengusulkan supaya masing-masing dosen menuangkannya di dalam bentuk tulisan. Usulan itu segera kami sambut dengan kesanggupan untuk menerbitkan tulisan-tulisan tersebut. Semua berjalan begitu spontan dan dalam waktu singkat, tetapi didasari dengan semangat berkontribusi lewat khazanah keilmuan.

    Akhirnya, kumpulan tulisan hasil refleksi dari para dosen Jurusan HI UNPAR ini sudah tersaji di hadapan pembaca sekalian. Terdapat 17 tulisan yang kami sajikan berdasarkan kajian dari masing-masing kelompok bidang ilmu (KBI) yang dimiliki oleh Jurusan HI Unpar: (1) politik dan keamanan; (2) ekonomi politik internasional; (3) rezim dan organisasi internasional; dan (4) politik, media dan masyarakat transnasional. Beberapa tulisan bisa merupakan gabungan ataupun dari KBI yang berbeda, yang membuat semakin menarik untuk dibaca dan dikaji lebih mendalam. Keberagaman cara penulisan dan penyampaian topik bahasan menjadi warna khusus dari edisi khusus kali ini.

    Ucapan terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penulisan edisi khusus ini: para penulis yang rela menulis dalam waktu yang sangat singkat, beberapa dosen yang secara suka rela membantu proses editing, Sammy Kanadi yang merancang sampul secara khusus, Willy Kurniawan yang mengijinkan  penggunaaan koleksi fotonya untuk sampul muka, Gianni dan Inez yang mengawal proses penerbitan ini dari awal hingga akhir, serta semesta yang mendukung keseluruhan ide spontan kami.

    Harapan kami, tulisan-tulisan ini bisa memberikan tambahan pandangan di tengah-tengah berbagai ketidakpastian yang melingkupi dunia saat ini. Ruang-ruang kelas kami mungkin saja telah berpindah ke tengah tembok-tembok rumah, tetapi seperti layaknya gagasan di dalam tulisan ini, proses belajar dan memahami dunia akan terus berjalan melampaui tembok-tembok tersebut.

    Selamat membaca dan tetap jaga kesehatan

    Read more about JIHI Edisi Khusus: Tanggapan Terhadap COVID-19
  • JIHI IS NOW ON SINTA 2

    2019-05-06

    Dengan segala kerendahan hati, kami selaku pengurus Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan mengumumkan bahwa jurnal kami telah berhasil memperoleh akreditasi dari Kementerian Riset dan Teknologi-Pendidikan Tinggi dalam tingkatan SINTA 2. Kami mengucapkan segenap terima kasih kepada para pihak yang telah membantu JIHI UNPAR dalam mencapai tingkatan baru ini. Semoga ke depannya akreditasi SINTA 2 ini dapat mendorong kami untuk semakin berkontribusi dalam ranah keilmuan hubungan internasional serta berperan dalam peningkatan kualitas publikasi ilmiah di Indonesia pada umumnya.

    With our warmest greetings, the editorial board of Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional Universitas Katolik Parahyangan is proud to announce that our journal has been accredited to SINTA 2 by Kementerian Riset dan Teknologi-Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. We would like to give our highest gratitude to all parties who are involved in supporting JIHI Unpar’s journey to reach this new level. We hope by achieving SINTA 2, JIHI Unpar may be able to increase its contribution to the academic and research development of international relations and help improve Indonesia’s academic publication quality in general.

    Read more about JIHI IS NOW ON SINTA 2