RANCANGAN SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS REMINDER SYSTEM PADA SALON STRAWBERRY

Authors

  • Bernadetha Kristaliani Parahyangan Univesity

DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v16i1.3746.70-85

Abstract

Salon Strawberry adalah salon dengan konsep „rumahan‟ yang membuat pelanggan merasa nyaman layaknya melakukan perawatan di rumah. Karyawan salon harus mengingat kebutuhan masing-masing pelanggan sehingga pelanggan puas dan kembali melakukan perawatan berkelanjutan di Salon Strawberry. Akan tetapi hal tersebut menjadi permasalahan apabila karyawan yang bersangkutan tidak hadir dan karyawan lain tidak tahu kebutuhan pelanggan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan melalui studi lapangan, wawancara, dokumentasi dan literatur tentang sistem informasi, salon pengembangan bisnis, dan proses bisnis salon. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan BCB, Kerangka MIT 90‟s dan BPMN untuk menggambarkan proses bisnis yang ada dan saran untuk peningkatan proses bisnis Strawberry Salon.
Hasil penelitian ini berupa desain sistem pengingat yang dapat diusulkan ke salon untuk memberikan peringatan perawatan berkelanjutan sesuai dengan preferensi pelanggan seperti telepon, SMS atau email. Sistem dibuat dengan mengumpulkan data pelanggan, menganalisis pola pembelian masing-masing pelanggan, pengelompokan pelanggan, dan menentukan metode pengingat yang tepat untuk pelanggan.

Downloads

Published

2020-07-15

Issue

Section

Articles