Penggunaan Metode Analytic Network Process (ANP) dalam Pemilihan Supplier Bahan Baku Kertas pada PT Mangle Panglipur
DOI:
https://doi.org/10.26593/jrsi.v2i1.334.32-39Abstract
PT Mangle Panglipur adalah perusahaan yang menerbitkan majalah berbahasa Sunda dimulai21 November 1957. Dalam menerbitkan majalah, dibutuhkan bahan baku yaitu kertas untuk bagian
dalam majalah. Dalam memilih supplier yang memasok kertas, perusahaan tersebut menerapkan
cara yang konvensional. Proses pemilihan supplier yang tidak tepat akan berdampak pada
penjualan dari perusahaan karena berhubungan dengan proses produksi dan juga produk yang
akan dijual nantinya. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih supplier. Dalam proses
pengambilan keputusan untuk memilih supplier, harus diperhatikan faktor-faktor (kriteria) yang
satu sama lainnya mungkin saling terkait. Metode Analytic Network Process (ANP) merupakan
metode pengambilan keputusan dengan banyak kriteria yang saling terkait. Permasalahan ini
direpresentasikan dalam sebuah sistem dengan ketergantungan (dependence) dan feedback.
Keterkaitan yang terdapat pada metode ANP adalah keterkaitan dalam satu set elemen (node comparison)
dan keterkaitan terhadap elemen yang berbeda (cluster comparison). Penggunaan metode
ANP akan menghasilkan bobot nilai prioritas pada seluruh elemen yang terdapat dalam sistem
pengambilan keputusan. Dari penelitian yang telah dilakukan di PT. Mangle Panglipur terdapat 4
kriteria pertimbangan yang terdiri dari 12 sub-kriteria, dan 3 alternatif pilihan. Berdasarkan dari
hasil pengolahan data, alternatif supplier CV Karya Jaya terpilih sebagai alternatif supplier terbaik
dengan nilai bobot tertinggi sebesar 0,158 kemudian CV Makmur Jaya dengan 0,145 dan CV Sinar
Jaya sebesar 0,134. Maka dari itu, alternatif supplier Karya Jaya merupakan alternatif supplier
terbaik bagi pihak perusahaan.
Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Pemilihan Supplier Bahan Baku, Banyak Kriteria, Keterkaitan
Kriteria, ANP (Analytic Network Process).