ANALISIS STRATEGI BISNIS TOKO KOLEKSI MAMA DALAM INDUSTRI FASHION DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Bepy Fitina Putri Parahyangan Catholic University

DOI:

https://doi.org/10.26593/jab.v14i1.3779.42-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menentukan pengembangan strategi bisnis yang tepat untuk Toko Koleksi Mama  di masa depan untuk memperluas pangsa pasarnya agar dapat meningkatkan penjualan dan menghadapi persaingan. Toko Koleksi Mama adalah industri fashion bisnis UKM di kota Bandung. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan pemilik, observasi dan studi literatur. Analisis menggunakan matriks faktor eksternal dan internal untuk menentukan strategi apa yang harus diadopsi oleh Toko Koleksi Mama. Langkah selanjutnya adalah menentukan strategi efektif mana yang dapat digunakan oleh Toko Koleksi Mama menggunakan analisis matriks SWOT. Penelitian ini menunjukkan semua strategi yang telah digunakan oleh Toko Koleksi Mama tidak efektif, dan kita bisa mendapatkan strategi yang tepat dan efektif untuk Toko Koleksi Mama adalah pengembangan pasar dan pengembangan produk. Pengembangan pasar adalah pengembangan strategi dari pasar offline ke pasar online, dengan strategi pengembangan produk dapat membuat produk lebih dekat dengan kebutuhan konsumen.

Kata kunci :  Strategy, EFAS, IFAS, IE Matriks, SWOT Matriks

Downloads

Published

2021-05-20

Issue

Section

Articles