Analisis Evaluasi Usability Website Universitas Negeri di Karawang dengan Model UWIS

Authors

  • Muhammad Eldo Abdilah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aulia Hadining Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dene Herwanto Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.26593/jrsi.v8i2.3305.89-98

Abstract

Teknologi informasi semakin banyak digunakan oleh perguruan tinggi. Universitas negeri di Karawang memanfaatkanya dalam bentuk website. Website tersebut merupakan website utama dalam sistem informasi universitas yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK). UPT TIK berencana akan mengembangkan website baru, perlu dilakukan evaluasi terhadap website lama agar user dapat menggunakannya dengan lebih mudah dan memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memepengaruhi usability website universitas menggunakan metode UWIS (usability assessment and design of web-based information systems) sebagai bahan evaluasi pada website baru yang akan diluncurkan nanti. Perhitungan dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) pada software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat dimensi yang berpengaruh terhadap web usability website universitas yang harus diperhatikan oleh pihak terkait, yaitu Consistency (C), Assurance (A), Web Design (WD), dan Satisfaction (SF).

References

Aisha, A. N., Hadining, A. F., & Andreswari, R. (2015). Evaluating the usability of academic information system websites. Journal of Scientific Research and Development, 2(13), 151–157. Retrieved from www.jsrad.org

Alfidella, S., Kusumo, D. S., & Suwawi, D. D. J. (2015). Pengukuran Usability I-Caring Berbasis ISO 9241-11 Dengan Menggunakan Partial Least Square (PLS). EProceedings of Engineering, 2(1), 1747–1735.

Bevan, N., & Carter, J. (2016). New ISO Standards for Usability , Usability Reports and Usability Measures New ISO Standards for Usability , Usability Reports and Usability Measures, (July). https://doi.org/10.1007/978-3-319-39510-4

Delone, W. H., & Mclean, E. R. (2003). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success : A Ten-Year Update, 19(4), 9–30.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modelling : Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) (Edisi 4). Semarang.

Guildford, B. F. (1956). Fundamental statistics in psychology and education. New York: McGraw-Hill Book.

Hermanto, A. (2017). Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi ServQual dan Webqual, (April). https://doi.org/10.20473/jisebi.3.1.33-39

Herwanto, D., Hadining, A. F., & Sari, R. P. (2018). Fakultas Teknik Unsika dengan Model UWIS, 2(1), 30–38.

Kesuma, D. P. (2014). ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEB PERGURUAN TINGGI XYZ MENGGUNAKAN SERVQUAL, 178–183.

Kotler, P. (2002). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Krug, S. (2013). Don’t Make Me Think : Panduan Praktis Membangun Web yang Logis (Kedua). Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.

Lee, Y., & Kozar, K. A. (2012). Understanding of website usability : Specifying and measuring constructs and their relationships, 52, 450–452. https://doi.org/10.1016/j.dss.2011.10.004

Parasuraman, A., Zeithmail, V. A., & Berry, L. (1988). SERVQUAL-A-multiple-Item-Scale-for-measuring-consumer-perceptions-of-service-quality.pdf.

Downloads

Published

2019-10-31