FUNGSI STRUKTURAL DAN ARSITEKTURAL PADA KONSTRUKSI BAMBU BANGUNAN AMFITEATER TAMAN BUAH MEKARSARI

Penulis

  • Sharon Julya ; Anastasia Maurina

DOI:

https://doi.org/10.26593/risa.v4i1.3689.81-98

Abstrak

Abstrak- Struktur pada bangunan merupakan hal yang penting dan mendasar untuk mewujudkan terbangunnya sebuah bangunan dalam arsitektur. Penentuan sistem struktur bangunan terkait jenis material tertentu yang dapat memampukan struktur bangunan menanggung beban dan mendukung bentuk bangunan serta sistem bangunan. Salah satu material lokal yang dimiliki oleh negara Indonesia dan berpotensi bersaing sebagai elemen struktur yang banyak digunakan untuk kehidupan sehari-hari masyarakat sejak masa lampau adalah bambu. Seperti pada bangunan Amfiteater Taman Buah Mekarsari yang berlokasi di Kota Bogor,  konstruksi bambu pada atap yang juga merupakan pelingkup ruang tidak hanya memiliki fungsi struktural sebagai penyalur beban, akan tetapi memiliki fungsi arsitektural yang memengaruhi ruang, aktivitas, dan pensuasanaan ruang dengan kekhasannya sebagai material alam yang memberi kesan menarik dan indah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan struktural juga keindahan arsitektural yang optimal dan fungsional pada bangunan Amfiteater Taman Buah Mekarsari. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan cara memperoleh data melalui studi literatur, pengamatan langsung terhadap bangunan dan lingkungannya, melakukan dokumentasi visual, wawancara dengan arsitek bangunan, penggunaan software simulasi struktur, serta model analog.

Melalui penelitian dapat disimpulkan bahwa pemilihan struktur rafter roof mampu mempertahankan bentuk bangunan Amfiteater Taman Buah Mekarsari yang simetris dan juga memberikan pensuasanaan melalui susunan strukturnya terhadap ruang dalam dan mempertahankan pesan yang terdapat pada konsep bangunan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-01-13