TRANSFORMASI TATA RUANG DALEM DI SEKITAR KAWASAN JERON BETENG, YOGYAKARTA

Penulis

  • Arvisista Arvisista ; Y. Basuki Dwisusanto

DOI:

https://doi.org/10.26593/risa.v4i02.3802.138-154

Abstrak

Abstrak- Dalem atau rumah bangsawan adalah rumah yang diberikan oleh Keraton Yogyakarta kepada saudara atau kerabat Sultan. Dalem berada di dalam dan sekitar kawasan Jeron Beteng, Yogyakarta. Saat ini dalem sudah mengalami banyak perubahan terutama dari tata ruang dalem. Perubahan tersebut dipengaruhi dari peningkatan kepadatan penduduk dan perubahan pola pikir masyarakat menjadi lebih modern di lingkungan kawasan Jeron Beteng. Perubahan-perubahan yang muncul pada dalem terutama dalam aspek tata ruanganya menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perubahan yang terjadi pada tata ruang dalem dan aspek yang mendominasi terjadinya perubahan pada dalem.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan mengkaji dari aspek sejarah kawasan dan budaya masyarakat Jawa. Kedua aspek tersebut menjelaskan adanya adat atau ritual yang dilakukan secara terus menerus dan menjadi dasar pembentukkan tata ruang dengan ruang-ruang yang dibutuhkan pada rumah masayarakat Jawa. Data diperoleh dengan melakukan observasi ke lapangan dan wawancara serta studi literatur. Analisis dalem dikaji dengan mempelajari budaya dan sejarah Yogyakarta serta prinsip arsitektur Yogyakarta.

Penelitian ini mencoba mengungkap bagaimana perubahan yang terjadi terhadap tata ruang dalem dengan membandingkan kondisi tata ruang berdasarkan prinsip arsitektur Yogyakarta dengan kondisi dalem saat ini. Aspek tata ruang yang dibahas adalah orientasi, fungsi, bentuk bangunan, zonasi ruang, dan susunan massa dalem. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa perubahan yang terjadi pada dalem diawali dari peningkatan kepadatan penduduk dan pola pikir modern sehingga terjadinya perubahan fungsi pada dalem untuk pemanfaatan ruang, perubahan bentuk bangunan, perubahan zonasi ruang pada kawasan, dan penambahan massa pada susunan massa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-21