EKSPLORASI KONSTRUKSI BAMBU RECIPROCAL-DEPLOYABLE GRIDSHELL

Penulis

  • Charnele Charnele ; Anastasia Maurina

DOI:

https://doi.org/10.26593/risa.v4i03.3929.205-233

Abstrak

Abstrak - Adanya keterbutuhan akan naungan semi-permanen atau sementara yang mudah dan cepat dibangun untuk sesuatu peristiwa tertentu. Pada penelitian ini menggali potensi struktur bentang lebar transformatif dengan menggabungkan dan mengembangkan sistem struktur konstruksi deployable dan reciprocal dalam bentuk struktur atap bidang gridshell bambu, menjadi sebuah konfigurasi mandiri tersusun dari variasi komposisi modul dengan bantuan komputasional mengikuti kebutuhan desain arsitektur. Hal ini dilakukan dengan mengetahui potensi sistem struktur, pola desain, dan sistem sambungan pada beberapa objek studi yang dievaluasi secara kualitatif dengan metode komparasi pada sistem struktur, sambungan, karakter batang, penyaluran beban, sistem penguncian struktur, dan deployability.

Manfaat penelitian berfokus pada penelitian struktur bambu untuk menjadi inovasi baru dalam keteknikan material bambu yang dapat meningkatkan nilai lokalitas Indonesia dengan dapat digunakan masyarakat terutama dalam menggunakan material bambu untuk pengembangan naungan sementara maupun permanen.

Pembahasan mengenai kriteria sistem struktur sesuai tujuan penelitian merupakan hasil dari analisa objek studi dimana struktur transformasi berdasarkan karakter struktur deployable sedangkan struktur reciprocal merupakan sistem yang menyokong untuk memberikan kestabilan dan sistem penguncian mandiri. Kedua struktur ini merupakan sistem struktur yang fleksible dan mudah diduplikasi sehingga untuk memenuhi fungsi sebagai struktur bentang lebar, sistem struktur didesain membentuk gridshell. Bentuk gridshell ini yang diolah dengan bantuan komputasional untuk membentuk sistem struktur reciprocal-deployable secara efektif.

Penelitian yang bersifat eksplorasi, eksperimen dilakukan pada pola reciprocal hingga menemukan pola paling stabil dan mengubah karakter batang lurus pada reciprocal menjadi batang deployable berupa scissor-like element, lalu mengembangkan jenis sambungan dengan analisa potensi dan kendala tiap sambungan. Eksperimen menghasilkan sistem struktur baru dengan menggabungkan kedua sistem struktur didapatkan struktur yang dapat bertransformasi, memiliki sistem penguncian mandiri, dan dapat membentang lebar dengan bentuk gridshell.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-05-30