Author Guidelines

Focus and Scope

Jurnal Focus adalah jurnal mahasiswa Fakultas Filsafat Universitas Katolik Parahyangan Bandung. Redaksi menerbitkan jurnal dua kali setahun, yaitu pada Juni dan Desember. Jurnal mempublikasikan artikel-artikel seputar tema filsafat, teologi, seni, dan budaya. Redaksi Jurnal Focus lebih mengutamakan tulisan-tulisan penelitian kontekstual.

Petunjuk Umum

Artikel ditulis dalam bentuk manuskrip dalam MS Word dengan ukuran halaman A4 (210 x 297 mm) dengan margin kiri 25 cm, margin atas 30 cm, margin kanan 20 cm, dan margin bawah 20. Artikel ditulis dalam format single-column dengan layout teks sesederhana mungkin. Dianjurkan hanya menggunakan fasilitas penulisan yang disediakan dalam MS Word (bold, italics, subsripct, superscript, equation, dll) dan tidak menggunakan fasilitas lainnya yang tidak terdapat dalam MS Word (embedded design grafis, embedded symbols, embedded equations, dll). Semua bagian teks dalam manuskrip ditulis dengan menggunakan font Times New Romans 12 pt dan single spasi.

Petunjuk Khusus

Manuskrip diawali dengan Judul, Nama Penulis, Alamat Penulis, Abstrak dan Kata-kata Kunci diikuti dengan bagian isi yang terdiri atas Pendahuluan, Metode Penelitian (Pengembangan Model), Hasil dan Pembahasan, Simpulan, Daftar Pustaka dan Catatan Akhir.

Citation Style

Sitasi menggunakan gaya American Psychological Association (APA) 7th edtion, dengan bantuan software Zotero atau Mendeley.

Article Template

Berikut contoh artikel MS Word template Peran Strategis Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti dalam Pengarusutamaan Kesetaraan Gender

Tips untuk Author

  • Pastikan author menjawab pertanyaan atau masalah penelitian yang tepat, penting, dan original. Meyakinkan pembaca bahwa pernyataan yang author tawarkan untuk pertanyaan penelitian atau masalah itu penting.
  • Pastikan author memberikan argumen yang sebenarnya daripada hanya memberikan banyak informasi tentang suatu topik.
  • Berikan koherensi pada pernyataan sebuah teori: selesaikan satu pernyataan daripada menawarkan banyak teori (pernyataan teori). Pernyataan teori yang dipilih harus mendorong argumen.
  • Dimungkinkan untuk mengubah / remark makalah siswa atau makalah konferensi menjadi artikel, dengan melakukan pengerjaan ulang teks, dan mengambil dari inti masalah sebuah makalah. Makalah tidak boleh bernada percakapan dan mungkin membutuhkan lebih banyak konteks atau kerangka teoritis daripada presentasi.
  • Tetap berpegang pada satu masalah, terutama ketika banyak penulis terlibat. Perspektif, gaya tulisan, tidak boleh berubah dalam satu artikel.

Penyerahan dan revisi

  • Pilih jurnal yang tepat: apakah author sudah membaca Focus and scope jurnal focus?
  • Merevisi & mengirim ulang bukan merupakan penolakan. Ini berarti bahwa kami meminta perubahan besar, perubahan yang cukup substansial sehingga kami merasa artikel tersebut perlu ditinjau ulang kembali.
  • Dengan revisi author, beri tahu kami bagaimana author telah menanggapi komentar reviewer, komentar mana yang telah ditanggapi / tidak tanggapi, dan jika tidak, mengapa tidak. Contoh jenis komentar yang sering dipilih penulis untuk tidak ditanggapi adalah komentar yang tampaknya di luar cakupan atau seolah-olah tentang artikel yang sama sekali berbeda dari yang ingin author Ini bisa menjadi indikasi bahwa ide dan cakupan author tidak jelas. Dalam kasus ini, author tidak perlu melakukan perubahan yang diminta reviewer, tetapi lakukan perubahan untuk memperjelas / mengulangi tujuan author.
  • Jika kami menyarankan agar author mempertimbangkan untuk dibimbing oleh editorial kami, pertimbangkan ini sebagai kesempatan untuk berinteraksi dengan penulis berpengalaman yang dapat memandu dalam meningkatkan naskah artikel.

Naskah Artikel Timeline

Waktu yang dibutuhkan Pekerjaan
1 Minggu

Seorang editor menyaring naskah artikel untuk menentukan bahwa naskah artikel tersebut sesuai untuk di lanjutkan  (yaitu, naskah yang cukup jelas, sesuai Fokus & Lingkup kami, dll.). Jika demikian, akan segera ditentukan oleh editor. Jika tidak sesuai, akan diberi tahu penulis.

1 Minggu Editor membaca naskah pertama; memilih dan menunjuk reviwer untuk memeriksa naskah.
4 Minggu Reviwer melakukan pemeriksaan naskah
1 Minggu Editor membuat keputusan dan memberitahu author: Resubmit for Review, Revisions Required, dll.
Kondisional Author melakukan revisi yang diperlukan.
Jika naskah perlu direvisi dan dikirim kembali, jadwal tinjauan reviewer di atas akan diulang sesuai kebutuhan untuk memungkinkan tinjauan tambahan. Jika naskah hanya membutuhkan sedikit revisi, maka garis waktu dilanjutkan seperti di bawah ini. 
1 Minggu Editor membuat keputusan dan memberitahu author: If accepted, sends to Copyediting.
2-3 minggu Copyediting, termasuk bolak-balik naskah yang diperlukan dengan author.
2-3 minggu Layout, dikirim ke author untuk final proofreading.
2 minggu Penyusunan Metadata tanggal, Galey and publish.

Lisensi

Jurnal Fokus menggunakan atau lisensinya setara dengan lisensi untuk pengoptimalan publikasi, pendistribusian, dan penggunaan kembali karya ilmiah.

Sponsor

Jurnal fokus berada di bawah naungan Fakultas Filsafat, Universitas Katolik Parahyangan.