Perbaikan Proses Bisnis untuk Mengurangi Piutang di PT. Asuransi Astra Buana Cabang Bandung

Authors

  • Alicia Kusumawati Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri, Universitas Katolik Parahyangan Jl. Ciumbuleuit 94 Bandung 40141
  • Yogi Yusuf Wibisono Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri, Universitas Katolik Parahyangan Jl. Ciumbuleuit 94 Bandung 40141
  • Kinley Aritonang Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Industri, Universitas Katolik Parahyangan Jl. Ciumbuleuit 94 Bandung 40141

DOI:

https://doi.org/10.26593/jrsi.v3i1.340.20-26

Abstract

PT. Asuransi Astra Cabang Bandung adalah salah satu anak perusahaan Astra Internasional
yang memiliki bisnis di bidang asuransi harta benda. Salah satu produk PT. Asuransi Astra Cabang
Bandung yang cukup terkenal adalah Garda Oto. Garda Oto adalah produk asuransi yang memberikan
perlindungan pada kendaraan roda empat. Garda Oto dipasarkan dengan tiga intermediary,
yaitu dealer, agent dan direct customer. Ketiga intermediary ini memiliki proses yang berbeda dalam
menghasilkan pembayaran premi asuransi oleh customer. Sebagai perusahaan yang cukup berkembang
di bidang asuransi, PT. Asuransi Astra Cabang Bandung memiliki banyak customer yang mempercayakan
mobilnya di perusahaan ini. Akan tetapi, perusahaan ini memiliki permasalahan dengan
piutang. Dari seluruh prospek yang dimilikinya, sekitar 13% dari preminya menimbulkan piutang.
Hal ini mengakibatkan kerugian bagi PT. Asuransi Astra Cabang Bandung.
Dalam penelitian ini, digunakan metode CHAID (Chi-Square Automatic Interaction Detector) untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi proses bisnis dalam menimbulkan piutang.
Berdasarkan metode CHAID, didapatkan bahwa proses yang dilakukan dengan intermediary dealer
merupakan intermediary yang paling banyak menghasilkan tertanggung, akan tetapi juga paling
banyak menimbulkan piutang. Sedangkan intermediary agent merupakan proses yang paling sedikit
menimbulkan piutang. Dengan menggunakan metode Integration Definition untuk pemodelan
fungsi (IDEF0), penulis menggambarkan proses bisnis yang terjadi sekarang, menganalisis, serta
melakukan perbaikannya. Penulis melakukan adaptasi proses bisnis oleh agent pada proses bisnis
dengan intermediary dealer untuk melakukan perbaikan guna meminimasi piutang.
Kata Kunci: Proses Bisnis, Piutang, IDEF0, CHAID

Downloads

Published

2014-04-30

Issue

Section

Articles