Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Moderasi Budaya Organisasi dan Reputasi
DOI:
https://doi.org/10.26593/jrsi.v10i2.4200.121-130Kata Kunci:
kualitas layanan, budaya organisasi, reputasi, kepuasan mahasiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan, budaya organisasi, dan reputasi terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Andalas. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada mahasiswa S1 yang berjumlah 397 mahasiswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah structural equation modelling (SEM) yang dibantu dengan aplikasi SMARTPLS 3.0. Metode ini dipilih karena metode ini dapat menguji hubungan antar variabel yang ada pada sebuah model, baik itu hubungan antara variabel dengan konstruknya maupun hubungan antar konstruk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, budaya organisasi, dan reputasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, artinya ketiga variabel tersebut akan mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa. Variabel yang paling berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa adalah variabel kualitas layanan. Berdasarkan hal tersebut dengan meningkatkan kualitas layanan Universitas Andalas dapat mempengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa secara signifikan. Selain itu, budaya organisasi dan reputasi sebagai variabel moderasi antara kualitas pelayan terhadap kepuasan mahasiswa juga diteliti pada penelitian ini, namun hasil yang didapatkan yaitu tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini berarti bahwa budaya organisasi dan reputasi tidak memperkuat atau memperlemah hubungan antara kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa. Rekomendasi perbaikan diberikan berdasarkan variabel yang berpengaruh signifikan dengan tujuan meningkatkan kepuasan mahasiswa Universitas Andalas.
Referensi
Al-Otaib, S. A., Yusof, S. M., & WanIsmail, W. K. (2019, January). The Influence of Organizational Culture on Students’ Satisfaction in Saudi Arabia. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Bang, 7(March 5).
Alghamdi, F. (2018). Total Quality Management and Organizational Performance: A Possible Role of Organizational Culture. International Journal of Business Administration, 9(4), 186-200.
Apriyani, D. A. dan Sunarti, S. (2017). Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1-7.
Aryska, M., & Kasmirudin, K. (2017). Pengaruh Reputasi Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru) (Disertasi, Riau University).
Budiarti, E. M. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Budaya Akademik, dan Citra Lembaga terhadap Kepuasan Mahasiswa. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 2(3), 169-178.
Chandra, T., Ng, M., Chandra, S., & Priyono (2018). The Effect of Service Quality on Student Satisfaction and Student Loyalty: An Empirical Study. Journal of Social Studies Education Research, 9(3), 109-131.
Ghozali, I. (2014). SEM Metode Alternatif dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ijaz, A., Irfan, S. M., Shahbaz, S., Awan, M., & Sabir, M. (2011). An empirical model of student satisfaction: Case of Pakistani public sector business schools. Journal of quality and Technology Management, 7(2), 91-114.
Jancikova, A., & Brychta, K. (2009). TQM and organizational culture as significant factors in ensuring competitive advantage: A theoretical perspective. Economics & Sociology, 2(1), 80-95.
Kamal, R. F. (2016). Evaluasi Kualitas layanan Program Studi S-1 Di Universitas Andalas. (Skripsi, Universitas Andalas Padang).
Khattab, F. (2018). Developing a service quality model for private higher education institutions in Lebanon. J. Mgt. Mkt. Review, 3(1), 24-33.
Kitchroen, K. (2004). Literature Review: Service Quality in Educational Institutions. ABAC Journal, 24(2), 14-25.
Martasubrata, N., & Suwatno, S. (2016). Mutu layanan akademik sebagai determinan kepuasan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 136-143.
Rinala, I. N., Yudana, I. M., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Saadi, I. (2017). The Role of Organizational Culture in Adopting Total Quality Management: Case Study the Salt Complex, El Outaya, Biskra State. Management Studies and Economic Systems, 54(5805), 1-18.
Safitri, A. H. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas layanan Di Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Andalas Padang). (Skripsi, Universitas Andalas Padang).
Saleem, S. S., Moosa, K., Imam, A., & Khan, R. A. (2017). Service quality and student satisfaction: the moderating role of university culture, reputation and price in education sector of Pakistan. Iranian Journal of Management Studies (IJMS) http://ijms. ut. ac. ir, 10(1), 237-258.
Satriyanti, E. O. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah dan Citra Bank terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat di Surabaya. Journal of Business and Banking, 2(2), 171-184.
Tjahyadi, R. A., Lu, C., & Fionita, J. (2018). HIEDQUAL (High Education Quality) Dan Kepuasan Mahasiswa: Peran Reputasi Universitas Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(3), 315-326.
Uluputty, N. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Budaya Akademik dan Kinerja Dosen terhadap Kepuasan Mahasiswa. POINT, 1(2), 22-30.
Wibowo, A. I. (2009). Pengaruh Kualitas Layanan, Reputasi, dan Nilai Layanan Perguruan Tinngi terhadap Kepuasaan Mahasiswa. Bina Ekonomi, 13(2), 59-74.
Widodo, H. (2016). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293-308.
Ximenes, N. A. B. (2017). Pengaruh Kualitas layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa Pada Institute Of Business (Iob) Di Timor-Leste. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(8), 2917-2954.
Yuliana, R. (2012). Analisis Pengaruh Strategi Service Recovery Yang Dilakukan Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Kota Semarang. JURNAL STIE SEMARANG (Edisi Elektronik), 4(2), 39-52.