Pengaruh Aksesibilitas, Konektivitas, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Penumpang terhadap Loyalitas Penumpang Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta
The Influence of Accessibility, Connectivity, Service Quality, and Customer Satisfaction Towards Passenger Loyalty on Jakarta Mass Rapid Transit (MRT)
DOI:
https://doi.org/10.26593/jrsi.v13i2.6501.17-28Kata Kunci:
aksesibilitas, konektivitas, kualitas pelayanan, loyalitas penumpang, kepuasan penumpangAbstrak
Kemacetan menjadi salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh masyarakat Jakarta. Padahal, pemerintah telah menyediakan berbagai layanan transportasi umum guna menanggulangi kemacetan. Namun, tampaknya masyarakat khususnya di Jakarta lebih memilih untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadinya. Penumpukan kendaraan bermotor itulah yang menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan di DKI Jakarta yang sulit untuk ditanggulangi. Maka dari itu, perlu diteliti faktor apa yang mampu mempengaruhi loyalitas penumpang dalam menggunakan transportasi umum, secara khusus MRT Jakarta. Dalam penelitian ini akan dilakukan pengujian terhadap pengaruh langsung dan tidak langsung dari faktor aksesibilitas, konektivitas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang melalui kepuasan penumpang sebagai variabel intervening. Metode sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan metode penentuan ukuran sampel inverse square root. Pengolahan data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan software SmartPLS. Hasilnya, didapati bahwa faktor yang memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan penumpang yaitu aksesibilitas, konektivitas, dan kualitas pelayanan. Kemudian, untuk faktor yang mempengaruhi loyalitas penumpang yaitu konektivitas dan kepuasan penumpang. Terakhir, terdapat dua faktor yang mempengaruhi loyalitas penumpang melalui kepuasan penumpang, yaitu aksesibilitas dan kualitas pelayanan. Dari hasil penelitian ini, diharapkan pihak pengelola MRT Jakarta dapat meningkatkan konektivitas MRT melalui mempersingkat waktu tunggu antar pemberhentian stasiun, terdapat kejelasan terkait informasi untuk pemberhentian berikutnya, kejelasan informasi bagi penumpang untuk melakukan transfer dengan moda transportasi lain, dan kemudahan dalam melakukan transfer dengan moda transportasi lain. Dengan peningkatan konektivitas, aksesibilitas dan kualitas pelayanan MRT, diharapkan loyalitas penumpang juga semakin meningkat
Referensi
Bahar, T. (2013). Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Penggunaan Ojek Sepeda Motor Sebagai Angkutan Umum Penumpang Perkotaan. Majalah Ilmiah MEKTEK, 15(2), 112–113.
Biesok, G. & Wyród-Wróbel, J. (2012). Indicative Methods of Customer Satisfaction Surveys in Public Transport Services. Proceedings of 15th QMOD Conference.
CNN. Kerugian Ekonomi Akibat Macet Jabodetabek Capai RP 71,4 T. [Online] Diakses dari https://www.cnnindonesia. com/ekonomi/20210428120006-92-635840/kerugian-ekonomi-akibat-macet-jabodetabek-capai-rp714-t [2022, 21 Desember]
Databoks. 10 Kota Termacet di Asia Pada 2021, Jakarta Urutan Berapa?: Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. [Online]. Diakses dari https://databoks.katadata. co.id/datapublish/2021/12/02/10-kota-termacet-di-asia-pada-2021-jakarta-urutan-berapa. [2022, 21 Desember]
Dinas Perhubungan. (2021). MRT. Jakarta. Retrieved January 8, 2023, from https://jakarta.go.id/mrt
Hair, J. F. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (Pls-Sem). Sage.
Hidayatullah, S., Setyorini, Irany Windhyastiti, & Rachmawati, I. K. (2020). Peran Aksesibilitas, Konektifitas, Kualitas Layanan Tehadap Loyalitas Pengguna Angkutan Umum Melalui Kepuasan Penumpang Sebagai Variabel Mediator. Seminar Nasional Sistem Informasi, 2261–2274.
Hizam, S. M., Ahmed, W., Akter, H., & Sentosa, I. (2021). Understanding the Public Rail Quality of Service Towards Commuters’ Loyalty Behavior in Greater Kuala Lumpur. Transportation Research Procedia, 55, 370–377.
Hoyle, R. H. (2012). Handbook of Structural Equation Modeling. Guilford Press.
Jannang, A. R., & Jabid, A. (2016). Effect of Servqual and Accessibility on Customer Loyalty Through Customer Satisfaction (Study at Ternate Jati Land Mall). Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 10(16), 275–281.
Kock, N., & Hadaya, P. (2016). Minimum Sample Size Estimation in PLS-sem: The Inverse Square Root And Gamma-Exponential Methods. Information Systems Journal, 28(1), 227–261.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management / Philip Kotler, Kevin Lane keller. Pearson.
Kotler, P., Maulana, A., Sabran, B., & Keller, K. L. (2017). Manajemen Pemasaran / Philip Kotler, Kevin Lane Keller ; penerjemah, Bob Sabran ; editor, Adi Maulana, Wibi Hardani. Jakarta: Erlangga.
Lättman, K., Olsson, L. E., & Friman, M. (2016). Development and Test of the Perceived Accessibility Scale (PAC) in Public Transport. Journal of Transport Geography, 54, 257–263.
Maharani, A. S. A. Jumlah Penumpang MRT Jakarta Turun, Apa Solusi Perusahaan? [Online], Diakses dari https://www. kompas.com/properti/read/2022/09/13/073206921/jumlah-penumpang-mrt-jakarta-turun-apa-solusi-perusahaan?page=all [2023, 13 Januari]
Natarina, C., Rivai, G.K., & Febrilia, I. (2023). Analysis of Factors Affecting Consumer Loyalty: A Study on Consumers of MRT Jakarta Public Transportation Services. Jurnal Riset Sains Indonesia 14(1), 17-29.
Nassereddine, M., & Eskandari, H. (2017). An Integrated MCDM Approach to Evaluate Public Transportation Systems in Tehran. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 106, 427–439.
Nurieta, A.P., Safitri, D.M., & Utami, I.W. (2023). Minimasi Unsafe Action pada Proyek Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Phase II Menggunakan Metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control (HIRARC). Jurnal Rekayasa Sistem Industri 12(1), 81-94.
Said, H. (2002). Evaluation Method of Service Quality Parameters in Transport Networks. Proceedings of the 5th Biannual World Automation Congress.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Handbook of Market Research, 1–40.
Shiftan, Y., Barlach, Y., & Shefer, D. (2015). Measuring Passenger Loyalty to Public Transport Modes. Journal of Public Transportation, 18(1), 1–16.
Sukwadi, R., & Jufina. (2015). Penentuan Prioritas Perbaikan Kualitas Layanan TransJakarta dengan Menggunakan Metode IPA-PGCV. Jurnal Rekayasa Sistem Industri 5(2), 64-69.
van Geenhuizen, M. (2000). Interconnectivity of Transport Networks: A Conceptual and Empirical Exploration. Transportation Planning and Technology, 23(3), 199–213.
Winarno, B., & Manullang, O. R. (2018). Parameter Penentu Penggunaan Transportasi Umum di Perkotaan Pati. TATALOKA, 20(1), 75.
Wong, Ken Kwong-Kay. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques Using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24, 1-32.