Penerapan SHERPA untuk Identifikasi Kinerja dan Human Error Pengoperasian Mesin Induk Kapal Penangkap Ikan

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.26593/jrsi.v13i1.6681.91-106

Kata Kunci:

Strategi minimasi error, Hierarchical Task Analysis, human error, mesin induk

Abstrak

Kecelakaan kerja karena kesalahan manusia pada pengoperasian mesin induk di kapal penangkap ikan perlu diperhatikan karena dapat berakibat fatal pada kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis aktifitas kritis pengoperasian mesin induk kapal penangkap ikan dengan metode Systematic Human Error Reduction And Prediction Approach (SHERPA). Metode analisis yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan sejumlah data baik secara observasi dan wawancara untuk memenuhi tabulasi SHERPA. Analisis SHERPA sangat berkaitan dengan penggunaan diagram Hierarchial Task Analysis (HTA) untuk menentukan jumlah kegiatan yang dihasilkan pada pengoperasian mesin induk kapal penangkap ikan. Selain itu analisis intensitas kerja diterapkan untuk mengevaluasi tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan pada pengoperasian mesin induk. Berdasarkan analisis yang dihasilkan intensitas kerja yang paling tinggi berada pada tahap pengoperasin mesin induk. Sedangkan tingkat kritis aktifitas berada pada aktifitas Penutupan kran bahan bakar dan Penutupan kran air sistem pendingin yang termasuk dalam kategori aktifitas mematikan mesin induk. Temuan penelitian ini memberikan wawasan untuk penanganan aktifitas kritis pada pengoperaian mesin induk sehingga perlu adanya strategi untuk menurunkan kesalahan manusia dalam pengoperasian. Strategi dalam menurunkan kegiatan ini yaitu dengan pengawasan ketat dan modifikasi atau penambahan alat untuk mempermudah operator. Hasil investigasi dapat menginformasikan intensitas dan titik kritis kesalahan manusia dalam pengoperasian mesin induk kapal penangkap ikan sehingga dapat mengurangi terjadinya kecelakaan kerja.

Biografi Penulis

Rizqi Ilmal Yaqin, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Permesinan Kapal

Devin Septianda, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Permesinan Kapal

Yuniar Endri Priharanto, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Permesinan Kapal

M. Zaki Latif Abrori, Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Permesinan Kapal

Referensi

Aji, S. P., Iskandar, B. H., & Purwangka, F. (2016). Intensitas Kerja Pengawas Perikanan pada Aktivitas Patroli Laut Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan di Jakarta. Jurnal Teknologi Perikanan Dan Kelautan, 7(2), 163–178.

Andoyo, L., Sarwito, S., Zaman, B., Teknik, J., Perkapalan, S., & Kelautan, T. (2015). Analisis Human Error Terhadap Kecelakaan Kapal pada Sistem Kelistrikan Berbasis Data di Kapal. Jurnal Teknik ITS, 4(1).

Anxo, D., & Kümmerling, A. (2012). Working Time and Work-Life Balance in a Life Course Perspective. https://www.researchgate.net/publication/275956224

Basya, I. F., Boesono, H., & Hapsari, T. D. (2017). Aspek Ergonomi pada Aktivitas Penangkapan Ikan Kapal Pancing Ulur di PPN Prigi Trenggalek. Jurnal Perikanan Tangkap : Indonesian Journal of Capture Fisheries, 1(2), 1–10.

Cahyasusila, A. B., & Pratama, M. H. B. (2022). Analisis Faktor Manusia pada Kecelakaan Kapal di Wilayah Indonesia. Jurnal Education and Development, 10(2), 385–389.

Di Pasquale, V., Miranda, S., Iannone, R., & Riemma, S. (2015). A Simulator for Human Error Probability Analysis (SHERPA). Reliability Engineering and System Safety, 139, 17–32. https://doi.org/10.1016/j.ress.2015.02.003

Ghasemi, M., Khoshakhlagh, A. H., Mahmudi, S., & Fesharaki, M. G. (2015). Identification and Assessment of Medical Errors in the Triage Area of an Educational Hospital Using the SHERPA Technique in Iran. International Journal of Occupational Safety and Ergonomics, 21(3), 382–390. https://doi.org/10.1080/10803548.2015.1073431

Ghasemi, M., Nasleseraji, J., Hoseinabadi, S., & Zare, M. (2013). Application of SHERPA to Identify and Prevent Human Errors in Control Units of Petrochemical Industry. International Journal of Occupational Safety and Ergonomics, 19(2), 203–209. https://doi.org/10.1080/10803548.2013.11076979

Habibi, E., Gharib, S., Mohammadfam, I., & Rismanchian, M. (2013). Human Error Assessment in Isfahan Oil Refinery′s Work Station Operators Using Systematic Human Error Reduction Prediction Approach Technique. International Journal of Environmental Health Engineering, 2(1), 25. https://doi.org/10.4103/2277-9183.113214

Handayani, S. N., Wisudo, S. H., Iskandar, B. H., & Haluan, J. (2014). Intensitas Kerja Aktivitas Nelayan pada Pengoperasian Soma Pajeko (Mini Purse Seine) di Bitung. Jurnal Teknologi Perikanan Dan Kelautan, 5(1), 1–13.

Harris, D., Stanton, N. A., Marshall, A., Young, M. S., Demagalski, J., & Salmon, P. (2005). Using SHERPA to Predict Design-Induced Error on The Flight Deck. Aerospace Science and Technology, 9(6), 525–532. https://doi.org/10.1016/j.ast.2005.04.002

Hasugian, S., Sri Wahyuni, A. A. I., Rahmawati, M., & Arleiny, A. (2018). Pemetaan Karakteristik Kecelakaan Kapal di Perairan Indonesia Berdasarkan Investigasi KNKT. Warta Penelitian Perhubungan, 29(2), 229–240. https://doi.org/10.25104/warlit.v29i2.521

Khaleghi, P., Akbari, H., Masoudi Alavi, N., Motalebi Kashani, M., & Batooli, Z. (2022). Identification and Analysis of Human Errors in Emergency Department Nurses Using SHERPA Method. International Emergency Nursing, 62. https://doi.org/10.1016/j.ienj.2022.101159

Kristian Gea, O., & Zetli, S. (2022). Analisis Human Error untuk Mengurangi Kecelakaan Kerja pada Proses Produksi di PT Duta Logistik Asia. Jurnal COMASIE, 7(1), 83–95.

Madyantoro, H. I., Afdhal, M. F., Priharanto, Y. E., & Siahaan, J. P. (2021). Intensitas Kerja Awak pada Aktivitas Perawatan Sistem Pelumasan Mesin Induk Kapal Penangkap Ikan (Studi Kasus Km. Sumber Rezeki). Aurelia Journal, 3(1), 107–116.

Mandal, S., Singh, K., Behera, R. K., Sahu, S. K., Raj, N., & Maiti, J. (2015). Human Error Identification and Risk Prioritization in Overhead Crane Operations Using HTA, SHERPA and Fuzzy VIKOR Method. Expert Systems with Applications, 42(20), 7195–7206. https://doi.org/10.1016/j.eswa.2015.05.033

Minggo, Y. D. (2019). Porsi Tanggung Jawab Kerja Awak Kapal Berdasarkan Aktivitas Pada Pengoperasian Alat Tangkap Pole and Line di Desa Pemana Kabupaten Sikka. Aquanipa, 1(1), 42–48.

Ng, Y. S. R., & Rashid, H. (2019). Enhancing Human Performance Reliability in Aircraft Pushback Operations. International Journal of Quality and Reliability Management, 36(4), 485–509. https://doi.org/10.1108/IJQRM-01-2018-0008

Pratiwi, I., Masita, M., Munawir, H., & Fitriadi, R. (2019). Human Error Analysis Using Sherpa and Heart Method in Batik Cap Production Process. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 674(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/674/1/012051

Purjiyono, Astriawati, N., & Sigit, P. (2019). Perawatan Sistem Pelumasan Mesin Utama Pada Kapal KM. Mutiara Sentosa II. Teknovasi, 6(1), 74–80.

Santoso, P. N., Sullyartha, E. R., & Sihombing, L. M. (2022). Strategi Meminimalkan Error Pada Teknisi Maintenance Mesin 350F dengan Systematic Human Error Reduction and Prediction Approach (SHERPA) di PT. XYZ. Angkasa: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, 14(2). https://doi.org/10.28989/angkasa.v14i2.1360

Silalahi, B. P., Iskandar, B. H., & Purwangka, F. (2018). Intensitas Kerja Aktivitas Layanan Bongkar di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga. ALBACORE, 2(2), 173–184.

Soputan, G. E. M., Sompie, B. F., & Mandagi, R. J. M. (2014). Manajemen Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) (Study Kasus Pada Pembangunan Gedung SMA Eben Haezar). Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(4), 229–238.

Srisantyorini, T., & Safitriana, R. (2020). Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Elevated. Kedokteran dan Kesehatan, 16(2), 151–153.

Tjahjanto, R., & Aziz, I. (2016). Analisis Penyebab Terjadinya Kecelakaan Kerja di Atas Kapal Mv. Cs Brave. KAPAL, 13(1), 13–18.

Triady, R., Triyanto, D., & Ilhamsyah. (2015). Prototipe Sistem Keran Air Otomatis Berbasis Sensor Flowmeter pada Gedung Bertingkat. Jurnal Coding Sistem Komputer Untan, 3(3), 25–34.

Zetli, S. (2021). Analisis Human Error dengan Pendekatan Metode SHERPA dan HEART pada Produksi Batu Bata UKM Yasin. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 147–156. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3934

Ziliwu, B. W., Musa, I., Priharanto, Y. E., & Tono. (2021). Pengoperasian dan Perawatan Sistem Pendingin pada Mesin Induk Kapal KM. Sido Mulyo Santoso Di PPN Sibolga. 2(April), 93–100

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-26