Penentuan Format Penulisan Laporan Ilmiah yang Ergonomis pada Media Kertas untuk Mengefisienkan Penggunaan Kertas. (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Ma Chung Malang)

Penulis

  • Novenda Kartika Putrianto Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.26593/jrsi.v11i2.5663.191-200

Kata Kunci:

efisiensi kertas, format penulisan, formula grafik fry, pemahaman membaca, rancangan acak lengkap

Abstrak

Penggunaan kertas di lingkungan Universitas menghasilkan limbah kertas dalam jumlah besar. Pengaturan format penulisan tanpa mengesampingkan aspek ergonomi adalah cara logis dalam penggunaan kertas lebih efisien. Tiga faktor yang mempengaruhi pemahaman membaca yaitu panjang baris, spasi, dan ukuran huruf. Desain eksperimen menggunakan metode desain faktorial 2×3×2 rancangan acak lengkap (RAL). Terdapat 12 kombinasi perlakuan berupa format penulisan yang dicobakan kepada responden. Setiap perlakuan diulang tiga kali dan setiap responden mendapatkan satu perlakuan. Format penulisan terbaik adalah panjang baris 10,2 cm, spasi 2, dan ukuran huruf 12 poin. Penghematan kertas yang dapat dilakukan menggunakan format yang disarankan dibanding format penulisan di Universitas adalah 40% dan 25%, sedangkan efisiensinya adalah 46,95% dan 21,02%.

Referensi

Arditi, A. & Cho, J. (2005). Serifs and Font Legibility. International Jurnal of Vision Research, 45(9), 2926-2933.

Banerjee, J., et al. (2011). Readability, Subjective Preference and Mental Workload Studies on Young Indian Adults for Selection of Optimum Font Type and Size during Onscreen Reading. Al Ameen Journal of Medical Science, 4(2), 131-143.

Bernard, M., et al. (2003). Comparing the effects of text size and format on the readability of computer-displayed Times New Roman and Arial text. International Journal of Human-Computer Studies, 59(17), 823-835.

Bernstein, M.R. (1955). Relationship between Interest and Reading Comprehension. International Journal of Education Research, 49(4), 283-288.

Boyarski, D., et al. (1998). A study of fonts designed for screen display. Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems, CHI’98. Los Angeles, April 18-23, 87-94.

Childers, T.L, & Jass, J. (2002). All dressed up with something to say: Effects of typeface semantic associations on brand perceptions and consumer memory. International Journal of Consumer Psychology, 12(2), 93-106.

Fadhilah, et al. (2011). Kajian Pengelolaan Sampah Kampus Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. MODUL, 11(2), 62-71.

Gaspersz, V. (1994). Metode Perancangan Percobaan. Bandung: Armico.

Geske, J. (2000). Readability of body text in computer mediated communications: Effects of type family, size and face, [Online], Diakses dari: http://www.public.iastate.edu/~geske/scholarship.html, [2019, 8 Mei].

Grant, M.M., & Branch, R.M. (2000). Performance differences between serif fonts and sans serif fonts in an on-screen reading task. Paper presented at the International Visual Literacy Association, Iowa.

Harsojuwono, B.A,, Arnata, I.W., & Puspawati, G.A.K.D. (2011). Rancangan Percobaan: Teori, Aplikasi SPSS, dan Excel. Malang: Lintas Kata Publishing.

Martutik & Rani, A. (2013). Membaca Intensif. Malang: Surya Pena Gemilang.

Mills, M., & Weldon, L. (1987). Reading text from computer screens. ACM Computing Surveys (CSUR), 19(4), 329-357.

Montgomery, D.C. (2013). Design and Analysis of Experiments. Arizona: John Wiley & Sons, Inc.

Nahm, E.S., et al. (2004). Usability of health websites for older adults: A preliminary study. International Jurnal of Computers Informatics, 22(19), 326-334.

Nurhayati. (2008). Studi Perbandingan Metode Sampling antara Simple Random dengan Stratified Random. Jurnal Basis Data, ICT Research Center UNAS, 3(1), 18-32.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Tullis, T.S., Boynton, J.L., & Hersh, H. (1995). Readability of Fonts in the Windows Environment (Interactive Poster). Proceedings of ACM CHI Conference on Human Factors in Computing Systems, CHI’95. Denver, May 7-11, 127-128.

Tinker, M.A., dan Paterson, D.G. (1929). Studies of Typographical Factors Influencing Speed of Reading: X. Style of Type Face. International Journal of Applied Psychology, 16(6), 605-613.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-28