Orientasi Pasar Sebagai Strategi Perusahaan Kecil Menghadapi Faktor Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.26593/jab.v12i1.2344.%25pAbstract
Konsep orientasi pasar telah muncul sejak tahun 1990 yang dikemukakan oleh Kohli dan Jaworski yang kemudian diikuti oleh Narver dan Slater. Sampai saat ini orientasi pasar masih menjadi topik yang sering dikaji dalam berbagai penelitian yang dilakukan oleh akademisi dan peneliti. Orientasi pasar merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan perusahaan termasuk perusahaan kecil dalam menghadapi faktor lingkungan yang sangat cepat berubah. Faktor kunci dari perusahaan yang sukses menerapkan orientasi pasar adalah bagaimana memenuhi kebutuhan pelanggan atau orientasi pelanggan, melakukan tindakan terhadap strategi pesaing atau orientasi pesaing dan mengkoordinasikan semua fungsi dalam perusahaan agar orientasi pelanggan dan orientasi pesaing dapat dilakukan secara maksimal. Dalam banyak penelitian pada level Usaha Kecil Menengah, telah dibuktikan bahwa orientasi pasar dapat meningkatkan kinerja bisnis perusahaan.
Keywords: Orientasi pasar, orientasi pelanggan, orientasi
Downloads
Published
Issue
Section
License
The submitted article has never been previously publish in scientific journals, proceedings, or other electronic journals. The copyright of the accepted articles are belongs to Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).