Penerapan Building Information Modeling dalam Proses Quantity Take-Off pada Proyek Gudang X

Authors

DOI:

https://doi.org/10.26593/josc.v2i2.6466

Keywords:

Building Information Modeling, konstruksi baja, quantity take-off, rencana anggaran biaya

Abstract

Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pada beberapa waktu yang lalu akibat dunia dilanda pandemi Covid-19 sangat berpengaruh buruk pada perkemangan sektor konstruksi di Indonesia, terutama dua tahun yang lalu ketika pembangunan negara Indonesia sedang begitu pesatnya. Situasi ini memaksa berbagai pihak yang bekerja di bidang konstruksi untuk beralih ke metode yang lebih modern dan efisien untuk melaksanakan proyek secara jarak jauh, hal ini disebut dengan digitalisasi konstruksi. Building Information Modeling (BIM) merupakan contoh konsep digitalisasi konstruksi yang kini sedang diimplementasikan ke berbagai proyek konstruksi, salah satunya adalah pengimplementasian BIM dalam proses penyusunan rencana anggaran biaya berbasis quantity take-off. Studi kasus yang diambil adalah sebuah proyek gudang, yaitu proyek konstruksi yang mayoritasnya terdiri dari struktur baja sehingga dapat dilakukan pendalaman pemodelan secara tiga dimensi atau lima dimensi yang berfokus pada komponen konstruksi baja. Pemodelan komponen struktur dengan mengimplementasikan konsep BIM memiliki potensi untuk mengurangi total pengeluaran berdasarkan rencana anggaran biaya sebesar 4,807% dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.

References

A. N. Sari dan V. Suryan, “Pandemi Covid-19: Dampak terhadap Pekerjaan Konstruksi,” Jurnal Talenta Sipil, vol. 4, no. 2, pp. 214-220, 2021.

D. P. K. B. Aceh, “Era Digitalisasi Konstruksi (Part 1)- Tantangan,” 29 Juli 2020. [Online]. Available: https://dinaspupr.bandaacehkota.go.id/2020/07/29/era-digitalisasi-konstruksi-part-1-tantangan/.

D. Laorent, P. Nugraha dan J. Budiman, “Analisa Quantity Take-Off Dengan Menggunakan Autodesk Revit,” Dimensi Utama Teknik Sipil, vol. 6, no. 1, pp. 1-8, 2019.

R. Ferial, B. Hidayat, R. C. Pesela dan D. Daoed, “Quantity Take-Off Berbasis Building Information Modeling (Bim) Studi Kasus: Gedung Bappeda Padang,” Jurnal Rekayaasa Sipil, vol. 17, no. 3, pp. 228-238, 2021.

A. Soedrajat, Analisa (Cara Modern) Anggaran Biaya Pelaksanaan, Bandung: NOVA, 1984.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi, Pelatihan Perencanaan Konstruksi Dengan Sistem Teknologi Building Information Modeling (BIM) - Modul 3, Bandung: Kementerian PUPR, 2018.

Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi, Pelatihan Perencanaan Konstruksi Dengan Sistem Teknologi Building Information Modeling (BIM) - Modul 5, Bandung: Kementerian PUPR, 2018.

A. Monteiro dan J. P. Martins, “A Survey On Modeling Guidelines For Quantity Take-Off-Oriented BIM-Based Design,” Automation in Construction, vol. 35, pp. 238-253, 2013.

R. T. Lestari, A. H. Yufrizal dan A. Andreas, “Kelebihan dan Kekurangan BIM untuk Estimasi Biaya,” DENSITY (Development Engineering of University) Journal, vol. 4, no. 1, pp. 1-6, 2021.

Downloads

Published

2023-04-30