Panduan untuk Penulis

Klik di sini untuk mengunduh Template Artikel.

JUDUL
Tidak lebih dari 15 kata.

ABSTRAK
Panjang abstrak tidak lebih dari 200 kata dan menjelaskan isi artikel secara ringkas namun jelas. Abstrak harus berupa suatu pernyataan ringkas dari permasalahan, pendekatan, hasil dan kesimpulan dari pekerjaan yang dilakukan. Isi abstrak, mencakup: latar belakang (namun jangan mendominasi), tujuan, metode yang digunakan, hasil dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam 1 (satu) paragraf. Di dalam abstrak, tidak boleh ada pernyataan yang memerlukan sitasi dari referensi apapun.

Kata kunci: tuliskan 3-5 kata kunci (dapat berupa frasa) yang terkait dengan isi makalah, disusun secara alfabetis. Gunakan kata kunci yang tidak bersifat terlalu umum. Kata kunci tidak perlu sama dengan salah satu kata/frasa di judul.

PENDAHULUAN
Pendahuluan diawali secara singkat dengan latar belakang umum kajian. Tuliskan bagian ini dengan pernyataan yang jelas. Akhiri bagian ini dengan hipotesis (jika ada) dan/atau tujuan penelitian dalam artikel ini. Panduan pertanyaan untuk menguatkan bagian pendahuluan yang perlu dituliskan dalam subbab ini, antara lain adalah:

  • Mengapa masalah ini penting untuk dibahas?
  • Bagaimana kaitannya penelitian ini dengan pekerjaan sebelumnya di area tersebut?
  • Apa hipotesis primer dan sekunder serta tujuan penelitiannya? 
  • Bagaimana hipotesis dan desain penelitian berkaitan?
  • Apa manfaat/implikasi teoritis dan praktis dari hasil penelitian ini? 

TINJAUAN PUSTAKA
Pada bagian tinjauan pustaka, usahakan untuk tidak menulis kalimat-kalimat berisi definisi yang sudah bersifat sangat umum, seperti: definisi konstruksi, bangunan, dan lain sebagainya. Judul subbab tinjauan pustaka dapat diubah sesuai dengan topik tinjauan pustaka yang dilakukan. Jumlah bab terkait tinjauan pustaka juga dapat ditambah sesuai dengan keperluan. Sebagai contoh, anda dapat menuliskan judul bab 2 dengan Pembangunan Berkelanjutan, dan menambahkan judul bab 3 dengan Material Berkelanjutan, dan lain sebagainya.

Di dalam tinjauan pustaka, perlu juga dituliskan state of the art atau kajian overview literatur atau penelitian-penelitian sebelumnya secara singkat. Usahakan untuk merujuk pada artikel dari jurnal 15 tahun terakhir untuk memperkuat pernyataan novelty atau signifikansi/kontribusi baru/orisinalitas dari artikel ini. Tuliskan pernyataan kesenjangan dari penelitian ini dibandingkan dengan penelitian-penelitian sebelumnya. Panduan pertanyaan yang perlu dijelaskan di dalam sub bab ini adalah apa yang membuat penelitian ini berbeda dari penelitian sebelumnya yang serupa/memiliki topik sama.

METODOLOGI PENELITIAN
Metodologi penelitian harus ditulis dalam bentuk teks, bukan dalam bentuk bagan alir (flowchart). Bagian ini harus menjelaskan beberapa hal seperti jenis penelitian apakah kualitatif, kuantitatif ataupun gabungan di antaranya, dan metode yang digunakan dalam pengambilan data, pengolahan data, serta analisis yang digunakan sebagai pendekatan terhadap hasil penelitian. Pembahasan hasil penelitian juga perlu ditambahkan untuk memperkaya kesimpulan penelitian.

HASIL DAN PEMBAHASAN
Lengkapi hasil dan pembahasan dengan temuan dari penelitian, kajian saintifik dari temuan tersebut, keterkaitannya dengan konsep/teori yang sudah ada, dan aspek-aspek saintifik lainnya sesuai dengan kekhasan bidang ilmunya) serta hasil dari temuan yang sesuai atau tidak sesuai, lebih baik atau lebih tidak baik, dibandingkan dengan penelitian sebelumnya, terutama dengan yang tercantum di state of the art di bagian tinjauan pustaka. Sajikan hasil pengolahan data (bukan data mentah) dalam bentuk tabel/gambar/grafik (pilih salah satu) dan berikan keterangan yang mudah dipahami. Jangan menuliskan proses perhitungan secara detail, cukup tuliskan persamaan yang digunakan di metode dan tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel/grafik. 

Pada bagian pembahasan, perlihatkan adanya keterkaitan antara hasil yang diperoleh dengan konsep dan/atau hipotesis. Pembahasan yang dibuat harus ditunjang oleh data dan/atau fakta yang nyata dan jelas. Jika pembahasan terkait dengan teori tertentu, maka tuliskan atau kutip langsung teori tertentu dan sebutkan sumber referensinya. Jangan lupa lengkapi kutipan langsung dengan tanda kutip “…”.

Lengkapi bagian pembahasan dengan perbandingannya dengan hasil penelitian lain untuk memperkuat atau memperjelas simpulan. Perbandingan ini bersifat menguatkan atau bisa jadi bertentangan, sehingga perlu dijelaskan alasannya. Hasil penelitian yang dapat diimplikasikan secara teoritis maupun praktis juga dapat dituliskan. Begitu juga dengan kelemahan-kelemahan dari penelitian ini yang belum dan dapat diselesaikan di tahap selanjutnya.

KESIMPULAN
Kesimpulan hanya cukup menjawab tujuan penelitian atau hipotesis yang ditunjang oleh data-data hasil penelitian yang cukup. Kesimpulan juga dapat berupa teori baru yang dihasilkan dari penelitian serta ditambahkan dengan implikasi atau saran di bagian akhir. Kesimpulan dan saran dituliskan dalam satu bagian serta tidak dibuat dalam 2 subbab berbeda.

DAFTAR RUJUKAN
Huruf yang digunakan Arial Nova 11 pt, seperti pada contoh di bawah. Teks atau kalimat dalam pokok pikiran yang merujuk pada rujukan tersebut ditandai dengan urutan nomor daftar rujukan berdasarkan urutan penulisan (lihat contoh pencantuman urutan nomor di bawah ini). Daftar rujukan ditulis berdasarkan nomor urut tersebut (bukan secara alfabetis). Penulisan sitasi dan daftar rujukan pada jurnal ini harus menggunakan manajer referensi Mendeley, dengan menggunakan format gaya IEEE. 

Panduan Submit Manuskrip

1. Masuk ke Akun OJS pada JoSC sebagai Author

  • Jika Anda belum memiliki akun, maka lakukan registrasi dengan mengklik opsi Register.
  • Klik tombol Login pada laman JoSC.

2. Lakukan Submission

  • Pilih menu Submission lalu klik tombol New Submission.
  • Pastikan Anda telah menulis manuskrip dengan menggunakan template yang telah disediakan (template dapat diunduh di sini).
  • Lengkapi Submission Requirements dengan mencentang setiap box. Pastikan Anda memenuhi persyaratan yang disebutkan.
  • Anda juga dapat mengisi kolom Comments for the Editor bila diperlukan.
  • Klik tombol Save and Continue.

3. Unggah Manuskrip

  • Pada kolom Article Component pilih Article Text lalu klik tombol Upload File dan pilih file manuskrip yang Anda akan unggah.
  • Klik tombol Continue.
  • Pada bagian Review Data, Anda dapat mengubah nama file jika diperlukan.
  • Klik tombol Continue. Anda bisa mengunggah file lain yang diperlukan.
  • Saat sudah selesai, klik tombol Complete.

4. Lengkapi Metadata Manuskrip

  • Lengkapi data pada kolom yang disediakan, terutama pada kolom bertanda (*).
  • Jika penulis yang berkontribusi terdiri dari lebih dari 1 orang, maka tambahkan data penulis lainnya di kolom Add Contributors. Langkah ini wajib dipenuhi. Lengkapi juga nama institusi dan link menuju ORCID ID (jika ada)
  • Lengkapi kolom Additional Refinements Keyword dengan menginput kata kunci satu persatu lalu tekan tombol Enter untuk setiap kata kunci (jangan langsung melakukan copy & paste dari tulisan di dokumen).
  • Klik tombol Save and Continue.

5. Lakukan Konfirmasi

  • Pastikan seluruh kelengkapan manuskrip Anda telah terpenuhi.
  • Jika Anda sudah selesai melakukan proses submission maka klik tombol Finish Submission lalu klik tombol OK.
  • Manuskrip Anda telah selesai diunggah. Manuskrip yang telah diunggah tidak dapat diedit maupun ditarik kembali.
  • Anda dapat melihat proses editorial dari article submission Anda melalui kolom Submission dari dashboard Anda. Setiap perkembangan dari proses editorial akan diinfokan melalui email.