Minimasi Human Error pada Operator Produksi Alat Kesehatan Menggunakan Pendekatan THERP-HAZOP

Penulis

  • Dian Mardi Safitri Universitas Trisakti
  • Ni Putu Githa Gayatri Prema Mahadevi Universitas Trisakti
  • Sucipto Adisuwiryo Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.26593/jrsi.v12i2.5477.213-228

Kata Kunci:

human error, covid-19, THERP-HAZOP

Abstrak

Kebutuhan penggunaan masker meningkat menjadi 20,15 kali lebih banyak di tahun 2021 saat varian Delta dari virus COVID-19 masuk ke Indonesia. Seiring meningkatnya produksi masker untuk memenuhi permintaan, jumlah kecelakaan kerja yang disebabkan oleh human error pada stasiun kerja Manual Welding pun meningkat. Penelitian ini dilakukan pada operator Manual Welding Machine yang memproduksi masker headloop dengan tujuan untuk membuat rancangan usulan mitigasi terkait tugas/pekerjaan yang memiliki nilai probabilitas error tertinggi. Beberapa metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yaitu HTA untuk menyusun rincian tugas, metode THERP untuk menghitung HEP, event tree untuk analisis dampak terburuk yang dapat terjadi, dan HAZOP untuk menyusun upaya mitigasi. Hasilnya, aktivitas persiapan proses welding, pengambilan bahan baku, dan persiapan bahan baku sebelum proses welding merupakan 3 aktivitas dengan nilai HEP tertinggi. Jika terjadi error pada ketiga aktivitas tersebut maka dapat menyebabkan cedera ringan hingga berat pada operator dan menyebabkan error pada sekitar area produksi. Untuk menangani masalah tersebut, beberapa upaya mitigasi yang dapat direkomendasikan yaitu dengan membuat warning display untuk proses mematikan mesin serta membuat SOP pengoperasian mesin yang dapat ditempel di sekitar stasiun kerja.

Biografi Penulis

Dian Mardi Safitri, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri

Ni Putu Githa Gayatri Prema Mahadevi, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri

Sucipto Adisuwiryo, Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Industri

Referensi

Amin, D. S. (2019). Analisa Human Error Untuk Mengurangi Potensi Bahaya Dengan Metode THERP. Jurnal Teknik Industri.

Astuti, P., Azmi, N., Safitri, D. M., & Aryani, A. D. (2017). Analisis Human Error Pramudi Bus Transjakarta dan Usulan Rekomendasi Keselamatan Transportasi. National Conference on Industrial Engineering, 34–37.

Atmojo, J. T., Iswahyuni, S., Rejo, R., Setyorini, C., Puspitasary, K., Ernawati, H., Syujak, A. R., Nugroho, P., Putra, N. S., Nurrochim, N., Wahyudi, W., Setyawan, N., Susanti, R. F., Suwarto, S., Haidar, M., Wahyudi, W., Iswahyudi, A., Tofan, M., Bintoro, W. A., … Mubarok, A. S. (2020). Penggunaan Masker Dalam Pencegahan Dan Penanganan Covid-19: Rasionalitas, Efektivitas, Dan Isu Terkini. Avicenna : Journal of Health Research, 3(2), 84–95. https://doi.org/10.36419/avicenna.v3i2.420.

Guo, L., & Kang, J. (2015). An extended HAZOP analysis approach with dynamic fault tree. Journal of Loss Prevention in the Process Industries, 38, 224–232. https://doi.org/10.1016/j.jlp.2015.10.003.

El Hakim, A. A. (2018). Analisis Resiko Kegagalan Operasi Menggunakan Metode HAZOP Analysis Pada Onshore Pipeline PT. X (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Kirwan, B. (1996). The validation of Three Human Reliability Quantification techniques - THERP, HEART and JHEDI: part 1- Technique description ans validation issues. Applied Ergonomics, 27(6), 359–373.

Niebel, B., & Freivalds, A. (2014). Methods, Standards, and Work Design. McGraw-Hill.

Ratriwardhani, R. A. (2018). Identifikasi Kesalahan Manusia Dengan Pendekatan Technique for Human Error Rate Prediction (Therp). Heuristic, 15(02). https://doi.org/10.30996/he.v15i02.2141.

Restuputri, Dian Palupi, R. P. D. S. (2015). Analisis Kecelakaan Kerja Dengan Menggunakan Metode Hazard and Operability Study ( Hazop ). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(1), 24–35.

Risk Assessment: Tools, Techniques, and Their Applications - ProQuest. (n.d.). Retrieved November 18, 2021, from https://www.proquest.com/docview/2131184634/bookReader?accountid=49910.

Safitri, D. M., Oktaviasari, A., Astuti, P., Azmi, N., Industri, J. T., & Trisakti, U. (2017). Analisis Human Error pada Pramudi Transjakarta dengan Pendekatan HEART dan Fault Tree Analysis. Prosiding SNTI Dan SATELIT 2017, 2017, B131-136.

Sani, C. D., Handoko, L., & Setiani, V. (2016). Analisis Human Error pada Pekerjaan Gerinda Menggunakan Metode THERP (Technique for Human Error Rate Prediction) (Studi Kasus pada Pekerja Workshop di Perusahaan Peleburan Baja ). 2581, 34–38.

Simon, F., Adhikari, S., Bayley, C., Bedford, T., Busby, J., Cliffe, A., Devgun, G., Eid, M., Keshvala, R., Pollard, S., Soane, E., Tracy, D., & Wu, S. (2009). Human Reliability Analysis: A Review and Critique. Manchester Business School Research Paper, 589. https://papers.ssrn.com/abstract=1541951.

Williamson, A. M. F. and A. M. (1998). Human Factors in Accident Modelling. Encyclopaedia of Occupational Health and Safety, Fourth Edi (Geneva: Safety International Labour Organization).

Zuhri, M. S. (2017). Mitigasi Risiko Kecelakaan Kerja Pada Packing Plant PT Semen Gresik (Persero) Tbk (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Semen Indonesia).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-10-25