Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kereta Api di Stasiun Bandung selama Pandemi Covid-19 dengan Metode IPA dan CSI

Authors

  • Ratu Ar'ba Sabilla Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Herman Herman Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.26593/josc.v2i1.6035

Keywords:

Kepuasan Penumpang, Metode IPA, Metode CSI, Covid-19, SPM

Abstract

Stasiun KA Bandung merupakan stasiun kelas besar yang berada di dalam pengelolaan PT KAI DAOP II Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kinerja dan tingkat kepuasan penumpang serta mengevaluasi kondisi Standar Pelayanan Minimum (SPM) aspek kenyamanan selama pandemi Covid-19 dengan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyebaran kuesioner dan observasi. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil sebelum dan saat pandemi menggunakan metode Importance-Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dan saat pandemi semua variabel indikator bernilai negatif, artinya semua pelayanan yang diberikan masih di bawah harapan penumpang. Sementara itu, kinerja menyeluruh dengan metode CSI saat pandemi didapat sebesar 0,790 yang artinya ada kenaikan tingkat kepuasan. Untuk evaluasi SPM No 63 Tahun 2019 aspek kenyamanan yang dikaitkan dengan protokol kesehatan dari sepuluh ketentuan empat di antaranya belum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

References

S. Schnaars, Marketing Strategy : A Customer Driven Approach, Free Press, 1991.

F. Tjiptono, Strategi Kepuasan Pelanggan, Yogyakarta: Andi Offset, 1994.

V. Zeithaml, L. Berry dan A. Parasuraman, “The Behavioral Consequences of Service Quality,” Journal of Marketing, vol. 60, no. 20, pp. 31-46, 1996.

J. Martilla dan J. James, “Importance-Performance Analysis,” Journal of Marketing, vol. 41, no. 1, pp. 77-79, 1977.

S. Dewi, R. D.P. dan A. Sulaksmi, “Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Metode Customer Satisfction Index dan Importance Performance Analysis,” dalam Seminar Teknologi dan Rekayasa, 2015.

A. Pohandry, S. Sidarto dan W. Winarni, “Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Importance Performance Analysis serta Service Quality.,” Jurnal REKAVASI, vol. 1, no. 1, 2013.

Sugiyono dan A. Nuryanto, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2006.

H. Khurniyah, A. Amrawaty dan M. Aminawar, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk Rumah Potong Ayam PT. Ciomas Adisatwa Maros Sulawesi Selatan,” Jurnal Ilmu dan Teknologi Peternakan, vol. 5, no. 1, pp. 38-46, 2016.

R. Ananda, “Evaluasi Kinerja Operasional dan Pelayanan Kereta Api Penataran, Stasiun Gubeng dan Malang Kota Baru,” 20 September 2017. [Online]. Available: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2785/. [Diakses 2022].

Downloads

Published

2022-10-31